Kamis, 26 Juni 2008

TERJEMAH TAWAJJUHAAT


الأذكار والأوراد دبر الصلوات المكتوبة
Dzikir dan Wirid Seusai Sholat
1.أَسْتَغْفِرُ الله (3×)
2.اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ,وَمِنْكَ السَّلاَمُ,تَبَارَكْتَ يَاذَاالْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ.




3.اللَّهُمَّ أَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ.
4.أَعُوْذُ بِالله مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ: الله لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ,لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ لَهُ مَافِي السَّمَوَاتِ وَمَا فِي الاَرْضِ. مَنْ ذَاالَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلاَّ بِإِذْنِهِ, يَعْلَمُ مَابَيْنَ أَيْدِيْهِمْ وَمَاخَلْفَهُمْ,وَلاَ يُحِيْطُوْنَ بِشَيْئٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَاشَاءَ, وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَوَاتِ وَالاَرْضَ وَلاَ يَؤُوْدُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ.
5.قُلْ هُوَ الله أَحَدٌ…قُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ…قُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِ…
6.سُبْحَانَ الله (33×) الْحَمْدُ لله (33×) الله أَكْبَرُ (33×)
7. لاَ إِ لَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ, لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِى وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ.
8.اللَّهُمَّ لاَ مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ وَلاَ يَنْفَعُ ذَا الْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ
9. الدُّعَاءُ.
10.لاَإِلَهَ إِلاَّ الله مُحَمَّدْ رَسُوْلُ الله فِي كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ عَدَدَمَا وَسِعَهُ عِلْمُ الله(3×)
Artinya:
1. Aku memohon ampun kepada Allah swt.(3x)
2. Ya Allah, Engkaulah Sang Pemberi Keselamatan, dari Engkau segala keselamatan ,semoga Engkau melimpahkan keberkahan wahai Dzat Yang Maha Luhur lagi Maha Mulia. (Tiada Tuhan yang hak disembah selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, Bagi-Nya segala kerajaan dan bagi-Nya segala pujian, Yang Menghidupkan dan yang Mematikan, di tangan-Nya segala kebaikan. Dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.10x). (Ya Allah,selamatkanlah aku dari siksa api neraka. 7x)
3. Ya Allah, aku mohon pertolongan agar dapat mengingat-Mu, bersyukur atas segala nikmat-Mu dan memperbaiki ibadah kepada-Mu.
4. Aku berlindung kepada Allah swt dari godaan syetan yang terkutuk:" Allah tidak ada Tuhan melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak pernah mengantuk dan tidak pernah tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Siapakah yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa idzin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi (Arsy) Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.(Ayat Al-Kursi)
5. "Katakanlah:’Dialah Allah Yang Maha Esa’. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan.Dan tidak ada sesuatupun yang menyamai-Nya.(QS Al-Ikhlash:1-4).
Katakanlah:"Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai subuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki."(QS Al-Falaq :1-5).
Katakanlah:"Aku berlindung kepada Tuhan manusia. Raja manusia. Sesembahan manusia, dari kejahatan (bisikan) syetan yang biasa tersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia.(QS An-Naas:1-6)
6. Maha Suci Allah swt (33x), Segala Puji bagi Allah swt (33x), Allah Maha Besar (33x)
7. Tiada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kerajaan dan segala pujian dan Dia Maha Berkuasa atas segala sesuatu.
8.Ya Allah, yang tidak ada sesuatu pun dapat mencegah segala yang Engkau berikan dan tiada sesuatupun yang dapat memberi segala yang Engkau halangi. Tidak berguna kegigihan orang yang berusaha jika tiada usaha dari pada-Mu.
9. Dilanjutkan dengan doa.
10. Tidak ada Tuhan yang hak disembah melainkan Allah, dan Muhammad saw adalah utusan Allah swt, dalam setiap desah nafas dan sebanyak apa yang diketahui oleh ilmunya Allah swt.(3x)
مايقرأ دبر صلاة الصبح
Bacaan Setelah Sholat Shubuh
1.Lihat Dzikir dan Wirid Seusai Sholat Wajib: الأذكار المذكورة
Doa untuk kedua orang tua: الدعاء لوالدين
1.رَبِّ اغْفِرْلِي وَلِوَالِدَيَّ رَبِّ ارْحَمْهُمَاكَمَا رَبَّيَانِي صَغِيْرًا (3×)
"Ya Allah Tuhanku, ampunilah dosa-dosaku, dosa kedua orang tuaku. Ya Allah ya Tuhanku, curahkanlah rahmat dan kasih sayang kepada keduanya, sebagaimana mereka menyayangiku di waktu kecil."(3x)
2.رَبِّ اجْعَلْنِى مُقِيْمَ الصَّلاَةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِى رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءَ, رَبَّنَا اغْفِرْلِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ يَوْمَ يَقُوْمُ الْحِسَابِ (3×)
"Ya Allah Tuhanku, jadikanlah aku dan anak-anak keturunanku orang-orang yang menegakkan sholat.Ya Tuhan kami kabulkanlah doa ini. Ya Tuhan kami, ampunilah aku dan kedua orang tuaku serta orang-orang mukmin pada hari Hisab kelak."(3x)
3.رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِى إِنِّى تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّى مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ (3×)
"Ya Allah Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan supaya aku dapat berbuat amal yang shaleh yang Engkau ridhai; berikanlah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri." (QS Al-Ahqaf :15)
4.رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا, وَوَسِّعْ لِي فِي رِزْقِي, وَبَارِكْ لِي فِيْمَا رَزَقْتَنِي,وَاجْعَلْنِي مَحْبُوْبًا فِي قُلُوْبِ عِبَادِكَ, وَعَزِيْزًا فِي عُيُوْنِهِمْ, وَاجْعَلْنِى وَجِيْهًا فِي الدُّنْيَا وَالاَخِرَةِ وَمِنَ الْمُقَرَّبِيْنَ, يَا كَثِيْرَ النَّوَالِ, يَا حَسَنَ الْفِعَالِ, يَاقَائِمًا بِلاَ زَوَالٍ, يَا مُبْدِأً بِلاَ مِثَالٍ, فَلَكَ الْحَمْدُ,وَلَكَ الْمِنَّةُ, وَلَكَ الشَّرَفُ عَلَى كُلِّ حَالٍ.وَصَلَّى الله عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ ,وَالْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.
Ya Allah, tambahkan ilmuku, luaskanlah rezekiku, berkahilah rezekiku, jadikanlah aku seorang yang dicintai di hati hamba-hambaMu, mulya di mata mereka, terdepan di dunia dan di akhirat serta termasuk orang-orang yang dekat denganMu, wahai Dzat Yang sangat banyak pemberiannya, Maha Baik, Maha Pencipta. Segala puji hanya bagiMu, bagiMu segala kemuliaan dalam setiap saat dan keadaan. Semoga Allah swt mencurahkan rahmat dan kesejahteraan atas junjungan kami yaitu Nabi Muhammad saw, keluarganya dan para sahabatnya.Dan segala puji bagi Allah Tuhan bagi seluruh alam."
5. اللَّهُمَّ إِنِّي أُقَدِّمُ إِلَيْكَ بَيْنَ يَدَيْ كُلِّ نَفَسٍ وَلَمْحَةٍ وَطَرْفَةٍ يَطْرِفُ بِهَا أَهْلُ السَّمَوَاتِ وَأَهْلُ اْلاَرْضِ, وَكُلِّ شَيْئٍ هُوَ فِي عِلْمِكَ كَائِنٌ أَوْ قَدْ كَانَ ,أُقَدِّمُ إِلَيْكَ بَيْنَ يَدَيْ ذَلِكَ كُلِّهِ: (لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ الله, فِي كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ عَدَدَمَا وَسِعَهُ عِلْمُ الله-3×)
"Ya Allah,sesungguhnya aku persembahkan (amalanku) kepada-Mu di setiap nafas, setiap kerdipan mata dan pandangan segala penduduk langit dan penduduk bumi, dan setiap sesuatu yang berada di dalam pengetahuan-Mu, yang akan berlaku atau pun yang telah berlaku. Aku persembahkan kepada-Mu segala yang aku miliki (agar ia menjadi saksi atas amalanku):: Tiada Tuhan yang hak disembah kecuali Allah, dan Nabi Muhammad saw itu utusan Allah, pada setiap kerdipan mata dan hembusan nafas sebanyak hitungan luasnya ilmu Allah."
قُلْ هُوَ الله أَحَدٌ…(3×) قُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ…(3×) قُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِ…(3×)
Setiap surat dibaca 3 kali sambil merapatkan kedua tangan ke mulut, kemudian ditiupkan dan seterusnya diusapkan pada seluruh tubuh, mulai dari kepala sampai ke ujung kaki.
رَبِّ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنَ وَأَعُوْذُ بِكَ رَبِّ أَنْ يَحْضُرُوْنَ (3×)
"Ya Tuhanku, aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan syetan. Dan aku berlindung kepada Engkau ya Tuhanku dari kedatangan mereka kepadaku."(3x)
أَفَحَسِبْتُمْ أَنَّمَا خَلَقْنَاكُمْ عَبَثًا وَأَنَّكُمْ إِلَيْنَا لاَ تُرْجَعُوْنَ. فَتَعَالَى الله الْمَلِكُ الْحَقُّ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْكَرِيْمِ. وَمَنْ يَدْعُ مَعَ الله إِلَهًا أَخَرَ لاَ بُرْهَانَ لَهُ بِهِ فَإِنَّمَا حِسَابُهُ عِنْدَ رَبِّهِ, إِنَّهُ لاَ يُفْلِحُ الْكَافِرُوْنَ, وَقُلْ رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَأَنْتَ خَيْرَ الرَّاحِمِيْنَ
"Maka apakah kamu mengira bahwa sesungguhnya Kami menciptakan kamu secara main-main (saja) dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami? Maka Maha Tinggi Allah, Raja Yang Sebenarnya; tidak ada Tuhan selain Dia, Tuhan (Yang mempunyai) Arsy yang mulia. Dan barangsiapa menyembah tuhan yang lain di samping Allah, padahal tidak ada suatu dalilpun baginya tentang itu, maka sesungguhnya perhitungannya di sisi Tuhannya. Sesungguhnya orang-orang yang kafir itu tiada beruntung. Dan katakanlah:"Ya Tuhanku, berilah ampun dan berilah rahmat dan Engkau adalah Pemberi rahmat Yang Paling baik."(Al-Mu’minun:115-118).
فَسُبْحَانَ الله حِيْنَ تُمْسُوْنَ وَحِيْنَ تُصْبِحُوْنَ, وَلَهُ الْحَمْدُ فِي السَّمَوَاتِ وَالاَرْضِ وَعَشِيًّا وَحِيْنَ تُظْهِرُوْنَ, يُخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ وَيُخْرِجُ الْمَيِّتَ مِنَ الْحَيِّ وَيُحْيِى الاَرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَا وَكَذَلِكَ تُخْرَجُوْنَ.
"Maka bertasbihlah kepada Alloh di waktu kamu berada di petang hari dan di waktu kamu berada di waktu shubuh dan bagi-Nya segala puji di langit dan di bumi dan di waktu kamu berada pada petang hari dan di waktu kamu berada di waktu dhuhur. Dia mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup dan menghidupkan bumi sesudah matinya. Seperti itulah kamu akan dikeluarkan (dari kubur)"(Ar-Ruum:17-19),
أَعُوْذُ بِالله السَّمِيْعِ الْعَلِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ (3×) .
"Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui, dari godaan syetan yang terkutuk."(3x)
لَوْ أَنْزَلْنَا هَذَا الْقُرْاَنَ عَلَى جَبَلٍ لَرَأَيْتَهُ خَاشِعًا مُتَصَدِّعًا مِنْ خَشْيَةِ الله, وَتِلْكَ الاَمْثَالُ نَضْرِبُهَا لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُوْنَ, هُوَ الله الَّذِي لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ هُوَ الرَّحْمَنُ الرُّحِيْمُ, هُوَ الله الَّذِي لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْمَلِكُ الْقُدُّوْسُ السَّلاَمُ الْمُؤْمِنُ الْمُهَيْمِنُ الْعَزِيْزُ الْجَبَّارُ الْمُتَكَبِّرُ, سُبْحَانَ الله عَمَّا يُشْرِكُوْنَ, هُوَ الله الْخَالِقُ الْبَارِئُ الْمُصَوِّرُ لَهُ الاَسْمَاءُ الْحُسْنَى, يُسَبِّحُ لَهُ مَا فِي السَّمَوَاتِ وَالاَرْضِ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ.
"Kalau sekiranya Kami menurunkan Al-Qur’an ini kepada sebuah gunung, pasti kami akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan takut kepada Allah swt. Dan perumpamaan-perumpamaan itu Kami buat untuk manusia supaya mereka berfikir. Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang ghaib dan yang nyata. Dialah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia, Penguasa Yang Maha Suci. Yang Maha Sejahtera. Yang mengaruniakan Keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mah Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang Mempunyai Nama-Nama Yang Paling baik. Bertasbih kepada-Nya apa yang ada di langit dan di bumi. Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana."(QS Al-Haysr :21-24)
سَلاَمٌ عَلَى نُوْحٍ فِي الْعَالَمِيْنَ, إِنَّا كَذَلِكَ نَجْزِى الْمُحْسِنِيْنَ, إِنَّهُ مِنْ عِبَادِنَا الْمُؤْمِنِيْنَ.
"Kesejahteraan dilimpahkan atas Nuh di seluruh alam. Sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya dia termasuk di antara hamba-hamba Kami yang beriman"
أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ الله التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ (3×)
"Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari segala keburukan/kejahatan makhluk yang tercipta."(3x)
بِسْمِ الله الَّذِي لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْئٌ فِي الاَرْضِ وَلاَ فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ(3×)
:"Dengan nama Alloh dengan menyebut asma-Nya, tiada sesuatu pun di bumi dan di langit dapat menimpakan bahaya dan Dia adalah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui "(3x)
اللهم إِنِّى أَصْبَحْتُ مِنْكَ فِي نِعْمَةٍ وَعَافِيَةٍ وَسِتْرٍ فَأَتْمِمْ نِعْمَتَكَ عَلَيَّ وَعَافِيَتَكَ وَسِتْرَكَ فِي الدُّنْيَا وَالاَخْرَةِ (3×)
Ya Alloh, sesungguhnya aku berpagi hari berada dalam kenikmatan, kesehatan dan ampunan dari-Mu. Sempurnakanlah nikmat-Mu, kesehatan-Mu dan ampunan-Mu kepadaku di dunia dan akhirat",(3x)
اللهم إِنِّى أَصْبَحْتُ أُشْهِدُكَ وَأُشْهِدُ حَمَلَةَ عَرْشِكَ وَمَلاَئِكَتَكَ وَجَمِيْعِ خَلْقِكَ, أَنَّكَ أَنْتَ الله لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ وَحْدَكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ, وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُكَ وَرَسُوْلُكَ (4×)
"Ya Alloh, sesungguhnya di pagi hari ini aku bersaksi kepada-Mu dan bersaksi pula kepada para malaikat pemikul Arasy-Mu serta semua makhluk-Mu bahwa Engkau adalah Alloh Yang tidak ada Tuhan selain Engkau, dan bahwa Muhammad saw adalah hamba dan utusan-Mu"(4x)
اَلْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمِيْنَ, حَمْدًا يًوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ (3×)
"Segala puji hanya bagi Allah swt, Tuhan Penguasa seluruh alam, suatu pujian yang seimbang dengan nikmat-nikmat-Nya dan menjamin tambahannya."(3x)
أَمَنْتُ بِالله الْعَظِيْم وَكَفَرْتُ بِالْجِبْتِ وَالطَّاغُوْتِ وَاسْتَمْسَكْتُ بِالْعُرْوَةِ الْوُثْقَى لاَ انْفِصَامَ لَهَا وَالله سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ (3×)
"Aku beriman kepada Allah Yang Maha Agung dan aku ingkar dengan Al-Jibti dan Thoghut (setan atau sesembahan selain Allah swt) dan aku telah berpegang teguh dengan buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah swt Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."(3x)
رَضِيْتُ بِالله رَبَّا وَبِالاِسْلاَمِ دِيْنًا وَبِمًحَمَّدٍ صلى الله عليه وسلم نَبِيًّا وَرَسُوْلاً (3×)
"Aku rela ber-Tuhan-kan Allah, dan beragama Islam dan Muhammad saw sebagai nabi dan rosul."(3x)
حَسْبِيَ الله لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ (3×)
"Cukuplah Alloh bagiku, tiada Tuhan selain Dia, hanya kepada-Nya aku bertawakkal. Dia adalah Rabb Arasy yang agung,"(3x)
اللهم صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ (10×)
"Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan atas junjungan kami, Nabi Muhammad saw dan kepada keluarganya serta para sahabatnya."(10x)
اللهم إِنِّى أَسْاَلُكَ مِنْ فُجَاءَةِ الْخَيْرِ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ فُجَاءَةِ الشَّرِّ.
"Ya Alloh, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu kebaikan yang tiba-tiba, dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan yang tiba-tiba"
اللهم أَنْتَ رَبِّى لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ خَلَقْتَنِى وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَااسْتَطَعْتُ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوْءُ بِذَنْبِى فَاغْفِرْلِى فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ.
Ya Alloh, Engkau adalah Rabb-ku, tiada Tuhan selain Engkau, Engkau telah menciptakan diriku dan aku adalah hamba-Mu, aku telah berada dalam ikrar dan janji-Mu dengan semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan apa yang aku perbuat, aku mengakui semua nikmat-Mu kepadaku, dan aku mengakui segala dosa-dosaku, maka ampunilah aku, karena sesungguhnya tiada yang dapat mengampuni dosa-dosa selain Engkau."
أللهم أَنْتَ رَبِّى لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ عَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَأَنْتَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ, مَاشَاءَ الله كَانَ وَمَالَمْ يَشَأْ لَمْ يَكُنْ وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِالله الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ, أَعْلَمُ أَنَّ الله عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ , وَأَنَّ الله قَدْ أَحَاطَ بِكُلِّ شَيْئٍ عِلْمًا. اللهم إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ نَفْسِى وَمِنْ شَرِّ كُلِّ دَآبَّةٍ أَنْتَ أَخِذٌ بِنَاصِيَتِهَا إِنَّ رَبِّى عَلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ,
Ya Alloh, Engkau adalah Rabb-ku, tidak ada Tuhan selain Engkau, hanya kepada Engkau-lah aku bertawakal, dan Engkau adalah Rabb Arasy yang agung. Apa yang dikehendaki oleh Alloh swt pasti terjadi, dan apa yang tidak dikehendaki oleh Alloh swt pasti tidak ada. Tidak ada daya dan tidak ada kekuatan kecuali dengan pertolongan Alloh Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung. Aku mengetahui bahwa Alloh Maha Kuasa atas segala sesuatu, dan bahwa Alloh –ilmu-Nya-benar-benar meliputi segala sesuatu. Ya Alloh, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan diriku dan dari kejahatan hewan melata yang ubun-ubunnya berada di dalam genggaman (kekuasaan)-Mu. Sesungguhnya Tuhanku berada pada jalan yang lurus."
يَاحَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ وَمِنْ عَذَابِكَ أَسْتَجِيْرُ, أَصْلِحْ لِى شَأْنِى كُلَّهُ وَلاَ تَكِلْنِى إِلَى نَفْسِى طَرْفَةَ عَيْن.
"Wahai Yang Maha Hidup Abadi, wahai Yang Mengurus semua makhluk-Nya, hanya kepada-Mulah aku meminta pertolongan, perbaikilah semua keadaanku dan janganlah Engkau serahkan aku kepada diriku (jangan susahkan aku) barang sekejap mata pun"
اللهم إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ.
Ya Alloh, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari lemah dan malas. Dan aku berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut dan sifat kikir. Dan aku berlindung kepada-Mu dari hutang yang membelit dan tekanan kaum lelaki.
اللهم إِنِّى أَسْاَلُكَ الْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالاَخِرَةِ . اللهم إِنِّى أَسْاَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ وَالْمُعَافَاةَ الدَّائِمَةَ فِي دِيْنِى وَدُ نْيَايَ وَأَهْلِى وَمَالِى. اللهم اسْتُرْ عَوْرَاتِى وَأَمِنْ رَوْعَاتِى.اللهم احْفَظْنِى مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ وَمِنْ خَلْفِى وَعَنْ يَمِيْنِى وَعَنْ شِمَالِى وَمِنْ فَوْقِى وَأَعُوْذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِى.
"Ya Alloh, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kesehatan di dunia dan akhirat. Ya Alloh, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ampunan dan kesehatan dalam agamaku, duniaku, keluargaku dan harta bendaku. Ya Alloh, tutupilah auratku dan amankanlah diriku dari rasa takut. Ya Alloh, peliharalah aku dari depan, dari belakang, dari sebelah kanan, dan dari sebelah kiri, dan dari atasku. Aku berlindung kepada kebesaran-Mu agar aku jangan dibinasakan dari arah bawahku."
اللهم أَنْتَ خَلَقْتَنِى وَأَنْتَ تَهْدِيْنِى وَأَنْتَ تُطْعِمُنِى وَأَنْتَ تُسْقِيْنِى وَأَنْتَ تُمِيْتُنِى وَأَنْتَ تُحْيِيْنِى وَأَنْتَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ.
"Ya Allah, Engkaulah yang telah menciptakan aku, dan Engkaulah yang telah memberikan hidayah kepadaku, Engkaulah yang memberi makan kepadaku, Engkaulah yang mematikan aku, dan Engkaulah yang menghidupkan aku, dan Engkau berkuasa atas segala sesuatu."
أَصْبَحْنَا عَلَى فِطْرَةِ الاِسْلاَمِ وَعَلَى كَلِمَةِ الاِخْلاَصِ, وَعَلَى دِيْنِ نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَى مِلَّةِ أَبِيْنَا إِبْرَاهِيْمَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَاكَانَ مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ.
"Kami berpagi hari di atas fitrah Islam dan kalimat ikhlash serta agama nabi kami, Muhammad saw; juga millah (agama) nenek moyang kami Nabi Ibrahim as yang lurus lagi muslim serta bukan tergolong orang-orang musyrik."
اللهم بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا وَبِكَ نَحْيَا وَبِكَ نَمُوْتُ وَعَلَيْكَ نَتَوَكَّلُ وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ.
"Ya Alloh, karena Engkau-lah kami dapat berpagi hari dan dapat bersore hari. Hanya karena Engkau pula kami hidup dan mati, dan hanya kepada Engkau-lah kami bertawakal dan kepada Engkau kami kembali"
أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الْمُلْكُ لله وَالْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمِيْن .اللهم إِنِّى أَسْاَلُكُ خَيْرَ هَذَا الْيَوْم فَتْحَهُ وَنُصْرَهُ وَنُوْرَهُ وَبَرَكَتَهُ وَهُدَاهُ. اللهم إِنِّى أَسْاَلُكَ خَيْرَ هَذَا الْيَوْمِ وَخَيْرَمَا فِيْهِ وَخَيْرَ مَا قَبْلَهُ وَخَيْرَمَ بَعْدَهُ, وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ هَذَا الْيَوْم وَشَرِّ مَا فِيْهِ وَشَرِّمَا قَبْلَهُ وَشَرِّمَا بَعْدَهُ.
"Kami telah berpagi hari dan pagi hari ini segala kekuasaan adalah milik Alloh, Rabb semesta alam. Ya Alloh, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan hari ini, yaitu kemenangan, pertolongan, nur , barokah dan petunjuknya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang terkandung di dalamnya , dan dari kejahatan sesudahnya"
اللهم مَا أَصْبَحَ بِى مِنْ نِعْمَةٍ أَوْ بِأَحَدٍ مِنْ خَلْقِكَ فَمِنْكَ وَحْدَكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ,فَلَكَ الْحَمْدُ وَلَكَ الشُّكْرُ عَلَى ذَلِكَ.
"Ya Alloh, tiada suatu nikmat pun yang aku peroleh di pagi hari ini melainkan dari-Mu semata, tiada sekutu bagi-Mu, bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu segala syukur"
سُبْحَانَ الله وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ الله الْعَظِيْمِ, عَدَدَ خَلْقِهِ وَرِضَانَفْسِهِ وَزِنَةَ عَرْشِهِ وَمِدَادَ كَلِمَاتِهِ (3×)
"Maha Suci Alloh sebanyak bilangan makhluk-Nya, Maha Suci Alloh seluas ridha diri-Nya, Maha Suci Alloh seberat timbangan Arasy-Nya, dan Maha Suci Alloh sebanyak tinta kalimat-kalimat-Nya."(3x)
سُبْحَانَ الله عَدَدَ مَا خَلَقَ فِي السَّمَاءِ, سُبْحَانَ الله عَدَدَ مَا خَلَقَ فِي الاَرْضِ, سُبْحَانَ الله عَدَدَ مَا بَيْنَ ذَلِكَ, سُبْحَانَ الله عَدَدَ مَا هُوَ خَالِقٌ .
"SUBHANALLAH, sebanyak hitungan makhluk di langit. SUBHANALLAH, sebanyak hitungan makhluk di bumi. SUBHANALLAH, sebanyak hitungan makhluk antara langit dan bumi. SUBHANALLAH, sebanyak hitungan makhluk yang Dia ciptakan."
اَلْحَمْدُ لله عَدَدَ مَا خَلَقَ فِي السَّمَاءِ, اَلْحَمْدُ لله عَدَدَ مَا خَلَقَ فِي الاَرْضِ, اَلْحَمْدُ لله عَدَدَ مَا بَيْنَ ذَلِكَ, اَلْحَمْدُ لله عَدَدَ مَا هُوَ خَالِقٌ.
"AL-HAMDULILLAH,sebanyak hitungan makhluk di langit. Al-HAMDULILLAH, sebanyak hitungan makhluk di bumi. AL-HAMDULILLAH, sebanyak hitungan makhluk antara langit dan bumi. Al-HAMDULILLAH, sebanyak hitungan makhluk yang Dia ciptakan."
لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله عَدَدَ مَا خَلَقَ فِي السَّمَاءِ, لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله عَدَدَ مَا خَلَقَ فِي الاَرْضِ, لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله عَدَدَ مَا بَيْنَ ذَلِكَ, لا إله إلا الله عَدَدَ مَا هُوَ خَالِقٌ.
"LAA ILAAHA ILLALLAH,sebanyak hitungan makhluk di langit. LAA ILAAHA ILLALLAH, sebanyak hitungan makhluk di bumi. LAA ILAAHA ILLALLAH, sebanyak hitungan makhluk antara langit dan bumi. LAA ILAAHA ILLALLAH, sebanyak hitungan makhluk yang Dia ciptakan"
الله أَكْبَرُ عَدَدَمَا خَلَقَ فِي السَّمَاءِ, الله أكبر عَدَدَ مَا خَلَقَ فِي الاَرْضِ, الله أَكْبَرُ عَدَدَ مَا بَيْنَ ذَلِكَ, الله أكبر عَدَدَ مَا هُوَ خَالِقٌ.
"ALLAAHU AKBAR,sebanyak hitungan makhluk di langit. ALLAAHU AKBAR, sebanyak hitungan makhluk di bumi. ALLAAHU AKBAR, sebanyak hitungan makhluk antara langit dan bumi. LAA ILAAHA ILLALLAH, sebanyak hitungan makhluk yang Dia ciptakan."
لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِالله عَدَدَ مَا خَلَقَ فِي السَّمَاءِ. لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِالله عَدَدَ مَا خَلَقَ فيِ الاَرْضِ.لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِالله عَدَدَ مَا بَيْنَ ذَلِكَ. لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِالله عَدَدَمَا هُوَ خَالِقٌ.
"LAAHAULA WALAA QUWWATA ILLAA BILLAH,sebanyak hitungan makhluk di langit. LAAHAULA WALAA QUWWATA ILLAA BILLAH, sebanyak hitungan makhluk di bumi.LAAHAULA WALAA QUWWATA ILLAA BILLAH, sebanyak hitungan makhluk antara langit dan bumi. LAAHAULA WALAA QUWWATA ILLAA BILLAH , sebanyak hitungan makhluk yang Dia ciptakan."
لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ, لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِى وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ عَدَدَ كُلِّ ذَرَّةٍ أَلْفَ مَرَّةٍ (3×)
"Tidak ada Tuhan yang hak disembah kecuali Allah Yang Maha Esa, yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya seluruh Kerajaan dan bagi-Nya segala puji, Yang Maha Menghidupkan dan Mematikan, dan Dialah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu, sebanyak bilangan setiap butir atom seribu kali." (3x)
Tambahan:
بِسْمِ الله مَاشَاءَ الله لاَ يَسُوْقُ الْخَيْرَ إِلاَّ الله.
بِسْمِ الله مَاشَاءَ الله لاَ يَصْرِفُ السُّوْءَ إِلاَّ الله.
بِسْمِ الله مَاشَاءَ الله مَاكَانَ مِنْ نِعْمَةٍ فَمِنَ الله.
بِسْمِ الله مَاشَاءَ الله لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِالله.
"Dengan menyebut nama Allah, apa saja yang dikehendaki oleh Allah, tidak ada yang dapat mendatangkan sesuatu kebaikan melainkan Allah swt. Dengan menyebut nama Allah, apa saja yang dikehendaki oleh Allah, tidak ada yang dapat mengalihkan suatu keburukan kecuali Allah swt. Dengan menyebut nama Allah, apa saja yang dikehendaki oleh Allah, apa saja nikmat maka ia adalah dari Allah swt. Dengan menyebut nama Allah, apa saja yang dikehendaki oleh Allah, tidak ada kekuatan melainkan dengan idzin Allah swt."
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقْ,نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْم وَعَلَى أَلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ الْعَظِيْم.(3×)
"Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada penghulu kami, Nabi Muhammad saw, pembuka bagi sesuatu yang terkunci, penutup segala para Nabi yang terdahulu, pembela kebenaran dengan kebenaran dan petunjuk ke jalan-Mu yang lurus. Limpahkanlah rahmat kepada keluarganya dengan karunia yang layak dengan kadar dan derajatnya yang agung."(3x)
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى نُوْرِ اْلاَنْوَارِ وَسِرِّ اْلاَسْرَارِ وَتِرْيَاقِ اْلاَغْيَارِ وَمِفْتَاحِ بَابِ اْليَسَارِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدِنِ الْمُخْتَارِ وَأَلِهِ اْلاَطْهَارِ وَأَصْحَابِهِ اْلاَخْيَارِعَدَدَ نِعَمِ الله وَإِفْضَالِهِ (3×)
"Ya Allah, berikanlah rahmat atas cahaya dari segala cahaya, rahasia dari segala rahasia,dan kunci dari pintu kemudahan, penghulu kami, Nabi Muhammad saw yang terpilih dan atas keluarganya yang suci dan para sahabatnya yang terpilih sebanyak bilangan nikmat Allah dan anugerah-Nya."(3x)
اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ بِنُوْرِ وَجْهِ الله الْعَظِيْمِ, الَّذِي مَلَأَ أَرْكَانَ عَرْشِ الله الْعَظِيْمِ, وَقَامَتْ بِهِ عَالِمُ الله الْعَظِيْمِ, أَنْ تُصَلِّيَ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ ذِي الْقَدْرِ الْعَظِيْمِ, وَعَلَى أَلِ نَبِيِّ الله الْعَظِيْمِ, بِقَدْرِ عَظِمَةِ ذَاتِ الله الْعَظِيْمِ, فِي كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ عَدَدَ مَا فِي عِلْمِ الله الْعَظِيْمِ, صَلاَةً دَائِمَةً بِدَوَامِ الله الْعَظِيْمِ, تَعْظِيْمًا لِحَقِّكَ يَا مَوْلاَناَ ياَ مُحَمَّدُ يَاذَا الْخُلُقِ الْعَظِيْمِ, وَسَلِّمْ عَلَيْهِ وَعَلَى أَلِهِ مِثْلَ ذَلِكَ وَاجْمَعْ بَيْنِي وَبَيْنَهُ كَمَا جَمَعْتَ بَيْنَ الرُّوْحِ وَالنَّفْسِ طَاهِرًا وَبَاطِنًا يَقَظَةً وَمَنَامًا, وَاجْعَلْهُ يَارَبِّ رُوْحًا لِذَاتِي مِنْ جَمِيْعِ الْوُجُوْهِ فِي الدُّنْيَا قَبْلَ اْلاَخِرَةِ يَا عَظِيْمُ
"Ya Allah,sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dengan Nur Wajah Allah Yang Maha Besar, Yang Memenuhi segala penjuru Arsy Allah Yang Maha Besar, dan dengannya berdiri seluruh alam Allah Yang Maha Besar. Semoga Engkau mengucuri rahmat ke atas penghulu kami, Nabi Muhammad saw, yang mempunyai martabat yang besar dan kepada keluarga Nabi Allah Yang Maha Besar, dengan kadar kebesaran Dzat Allah Yang Maha Besar, pada setiap kerlipan mata dan nafas sebanyak bilangan ilmu Allah Yang Maha Besar, dengan sholawat yang kekal sebagaimana kekalnya Allah Yang Maha Besar, penghormatan bagimu, wahai penghulu kami! Wahai Muhammad! Wahai yang mempunyai akhlak yang mulia! Salam kesejehteraan daripada-Mu kepadanya dan kepada keluarganya seperti yang demikian itu juga. Himpunkanlah di antara aku dan dia (Nabi Muhammad saw) sebagaimana Engkau menghimpunkan antara ruh dan jasad, dhahir dan batin, ketika sadar ataupun tidur. Jadikanlah dia (Nabi Muhammad saw) wahai Tuhanku, ruh bagi dzatku dari semua keadaan di dunia ini sebelum Hari Kiamat, wahai Allah Yang Maha Besar."
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مَنْ مِنْهُ انْشَقَّتِ اْلاَسْرَارْ.وَانْفَلَقَتِ اْلاَنْوَارْ. وَفِيْهِ ارْتَقَتِ الْحَقَائِقُ. وَتَنَزَّلَتْ عُلُوْمُ أَدَمَ فَأَعْجَزَ الْخَلاَئِقُ.وَلَهُ تَضَاءَلَتِ الْفُهُوْمُ فَلَمْ يُدْرِكْهُ مِنَّا سَابِقٌ وَلاَ لاَحِقٌ. فَرِيَاضُ الْمَلَكُوْتِ بِزَهْرِ جَمَالِهِ مُوْنِقَةٌ. وَحِيَاضُ الْجَبَرُوْتِ بِفَيْضِ أَنْوَارِهِ مُتَدَفِّقَةٌ. وَلاَ شَيْئَ إِلاَّ وَهُوَ بِهِ مَنُوْطٌ. إِذْ لَوْ لاَ الْوَاسِطَةُ لَذَهَبَ كَمَا قِيْلَ الْمَوْسُوْطُ. صَلاَةً تَلِيْقُ بِكَ مِنْكَ إِلَيْهِ كَمَا هُوَ أَهْلُهُ. اللَّهُمَّ إِنَّهُ سِرُّكَ الْجَامِعُ الدَّالُّ عَلَيْكَ. وَحِجَابُكَ اْلاَعْظَمُ الْقَائِمُ بَيْنَ يَدَيْكَ. اللَّهُمَّ أَلْحِقْنِى بِنَسَبِهِ. وَحَقِّقْنِى بِحَسَبِهِ. وَعَرِّفْنِى إِيَّاهُ مَعْرِفَةً أَسْلَمُ بِهَا مِنْ مَوَارِدِ الْجَهْلِ. وَأَكْرَعُ بِهَا مِنْ مَوَارِدِ الْفَضْلِ. وَاحْمِلْنِى عَلَى سَبِيْلِهِ إِلَى حَضْرَتِكَ. حَمْلاً مَحْفُوْفًا بِنُصْرَتِكَ. وَاقْذِفْبِى عَلَى الْبَاطِلِ فَأَدْمَغَهُ. وَزُجَّبِى فِي بِحَارِ اْلاَحَدِيَّةِ. وَانْشُلْنِى مِنْ أَوْحَالِ التَّوْحِيْدِ.وَأَغْرِقْنِى فِي عَيْنِ بَحْرِ الْوَحْدَةِ. حَتَّى لاَ أَرَى وَلاَ أَسْمَعَ وَلاَ أَجِدَ وَلاَ أُحِسَّ إِلاَّ بِهَا. وَاجْعَلِ اللَّهُمَّ الْحِجَابَ اْلاَعْظَمَ حَيَاةَ رُوْحِيْ وَرُوْحَهُ سِرَّ حَقِيْقَتِى وَحَقِيْقَتَهُ جَامِعَ عَوَالِمِى بِتَحْقِيْقِ الْحَقِّ اْلاَوَّلِ.يَاأَوَّلُ يَاأَخِرُ يَاظَاهِرُ يَابَاطِنُ,إِسْمَعْ نِدَائِى بِمَا سَمِعْتَ بِهِ نِدَاءً عَبْدِكَ زَكَرِيَّا .وَانْصُرْنِى بِكَ لَكَ.وَأَيِّدْنِى بِكَ لَكَ. وَاجْمَعْ بَيْنِى وَبَيْنَكَ. وَحُلْ بَيْنِى وَبَيْنَ غَيْرُكَ. الله,الله, الله.إِنَّ الَّذِي فَرَضَ عَلَيْكَ الْقُرْءَانَ لَرَادُّكَ إِلَى مَعَادٍ. رَبَّنَا أَتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّءْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا.رَبَّنَا أَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلاَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. إِنَّ الله وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ. يَاأَيُّهَا الَّذِيْنَ أَمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا.
"Ya Allah, anugerahkan kesejahteraan atas seseorang (Nabi Muhammad saw) yang darinya menjadi tersingkap setiap rahasia, menjadi terbit setiap cahaya. Dan padanya menjadi naik setiap hakikat, menjadi turun bertahap setiap ilmu Adam as, membuat tidak kuasa setiap makhluk. Dan untuknya dijadikan kecil setiap pengetahuan hingga tidak ada satupun orang yang mengejar dan menyusul dari kita yang mampu mencapainya. Taman-taman malakut menjadi indah dengan pesona bunga ketampanannya. Telaga-telaga jabarut menjadi tumpah ruah dengan limpahan cahayanya. Tidak ada sesuatupun kecuali ia bergantung kepadanya. Bila tanpa wasithah (perantara) niscaya ia hilang segala yang ada dan terjadi karena keberadaannya. (Ya Allah, anugerahkanlah kesejahteraan atasnya) kesejahteraan yang sesuai dengan-Mu, yang datang dari-Mu untuk dianugerahkan kepadanya sebagaimana ia pantas menyandangnya. Ya Allah, sesungguhnya ia adalah rahasia-Mu yang mencakup (segala sesuatu), yang menunjukkan (jalan) menuju Engkau, dan ia adalah hijab-Mu yang teramat agung, yang berdiri lurus di hadapan-Mu. Ya Allah, sertakanlah aku dengan menisbatkan diri kepadanya, nyatakanlah aku dengan kemuliaan leluhurnya, kenalkanlah aku kepadanya dengan pengetahuan yang menyelamatkanku dari sumber ketidaktahuan dan mendekatkanku kepada sumber keutamaan. Bawalah aku di atas jalannya menuju ke hadirat-Mu dengan penyertaan yang penuh harap terhadap pertolongan-Mu. Lepaskanlah aku atas kebatilan hingga dapat melenyapkannya. Lemparkanlah aku dalam samudera peng-esa-an, angkatlah aku dari lumpur tauhid, tenggelamkanlah aku dalam lautan ke-esa-an hingga aku tidak melihat, tidak mendengar, tidak menemukan, dan tidak merasakan apapun kecuali dengannya (ke-esa-an). Jadikanlah ya Allah, hijab yang teramat agung itu menjadi kehidupan ruhku, dan ruhnya menjadi rahasia hakikatku, kemudian hakikatnya menjadi cakupan alamku dengan menyatakan al-Haq ( Yang Maha Benar) Al-Awwal (Yang Maha Terdahulu). Wahai Dzat Yang Maha Awal, wahai Dzat Yang Maha Akhir, wahai Dzat Yang Maha Tampak, wahai Dzat Yang Maha Tersembunyi, dengarkanlah seruanku sebagaimana Engkau pernah mendengar seruan hamba-Mu, Zakaria as, tolonglah aku dengan (idzin)-Mu untuk taat kepada-Mu dan kuatkanlah aku dengan idzin-Mu untuk taat kepada-Mu, pertemukanlah aku dengan Engkau dan pisahkanlah aku dengan selain Engkau. Ya Allah, ya Allah, ya Allah.
Sesungguhnya yang mewajibkan atasmu (melaksanakan hukum-hukum) Al-Qur’an, benar-benar akan mengembalikan kamu ke tampat kembali (QS Al-Qashash:85). Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami ini. (QS Al-Kahfi:10). Ya Allah, Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa api neraka.(QS Al-Baqarah:201).Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi saw. (Maka) wahai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kalian untuk Nabi saw dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.(QS Al-Ahzab:56)"
Membaca Sholawat:
صَلَّى الله عَلَى النَّبِيِّ مُحَمَّدٍ (40/100×)
"Semoga Allah swt melimpahkan rahmat atas Nabi Muhammad saw."



(بِسْمِ الله الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ )بِسْمِ الله الله أَكْبَرُ أَقُوْلُ عَلَى نَفْسِي وَعَلَى دِيْنِى وَعَلَى أَهْلِى وَعَلَى أَوْلاَدِى وَعَلَى مَالِى وَعَلَى أَصْحَابِى وَعَلَى أَدْيَانِهِمْ وَعَلَى أَمْوَالِهِمْ أَلْفَ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِالله الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ.
"(Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang): Dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar, aku ucapkan kepada diriku, agamaku, keluargaku, anak-anakku, harta bendaku, para sahabatku, agama mereka dan kepada harta benda mereka sebanyak seribu kali:
لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِالله الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ.
"Tidak ada daya dan kekuatan kecuali atas pertolongan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung."
بِسْمِ الله الله أَكْبَرُ الله أَكْبَرُ أَقُوْلُ عَلَى نَفْسِى وَعَلَى دِيْنِى وَعَلَى أَهْلِى وَعَلَى أَوْلاَدِى وَعَلَى مَالِى وَعَلَى أَصْحَابِى وَعَلَى أَدْيَانِهِمْ وَعَلَى أَمْوَالِهِمْ أَلْفَ أَلْفِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِالله الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ.
"Dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, aku ucapkan kepada diriku, kepada agamaku, kepada keluargaku, dan kepada anak-anakku, kepada harta bendaku, kepada para sahabatku dan kepada agama mereka serta harta benda mereka, sebanyak satu juta kali:
لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِالله الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ.
"Tidak ada daya dan kekuatan kecuali atas pertolongan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung."
بِسْمِ الله الله أَكْبَرُ الله أَكْبَرُ الله أَكْبَرُ أَقُوْلُ عَلَى نَفْسِى وَعَلَى دِيْنِى وَعَلَى أَهْلِى وَعَلَى أَوْلاَدِى وَعَلَى مَالِى وَعَلَى أَصْحَابِى وَعَلَى أَدْيَانِهِمْ وَعَلَى أَمْوَالِهِمْ أَلْفَ أَلْفِ أَلْفِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِالله الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ.
"Dengan menyebut nama Allah, Allah Maha besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, aku ucapkan kepada diriku, kepada agamaku, kepada keluargaku, dan kepada anak-anakku, kepada harta bendaku dan kepada para sahabatku, kepada agama mereka dan kepada harta benda mereka, satu milyar kali:
لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِالله الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ.
"Tidak ada daya dan kekuatan kecuali atas pertolongan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung."
بِسْمِ الله وَبِالله وَمِنَ الله وَإِلَى الله وَعَلَى الله وَفِي الله وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِالله الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ.
"Dengan nama Allah, dan dengan nama Allah aku berlindung dan memohon keberkatan, hanya dengan Allah aku mohon pertolongan dan kemenangan,hanya dari Allah aku memohon karunia, hanya kepada Allah aku bernaung dan bersandar, hanya kepada Allah aku berserah diri dan berpegang, dan hanya kepada Allah aku tenggelamkan diriku dan kesungguhanku. Tidak ada daya dan kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung."
بِسْمِ الله عَلَى دِيْنِى وَعَلَى نَفْسِى بِسْمِ الله عَلَى مَالِى وَعَلَى أَهْلِى وَعَلَى أَوْلاَدِى وَعَلَى أَصْحَابِى بِسْمِ الله عَلَى كُلِّ شَيْئٍ أَعْطَانِيْهِ رَبِّى.
"Dengan menyebut nama Allah aku ucapkan kepada agamaku, dan kepada diriku. Dengan nama Allah aku ucapkan kepada harta bendaku, kepada keluargaku, kepada anak-anakku dan kepada para sahabatku. Dengan menyebut nama Allah (semoga terpelihara) segala sesuatu yang dikaruniakan oleh Tuhanku kepadaku."
بِسْمِ الله رَبِّ السَّمَوَاتِ السَّبْعِ, وَرَبِّ الأَرَضِيْنَ السَّبْعِ, وَرَبِّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ, بِسْمِ الله الَّذِيْ لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْئٌ فِي الأَرْضِ وَلاَ فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ (3×)
Dengan nama Allah, Tuhan Yang Mengatur tujuh petala langit dan Tuhan Yang Mengatur tujuh petala bumi, dan Tuhan Yang Mengatur Arsy yang agung. Dengan menyebut nama Allah Yang tidak akan membahayakan segala sesuatu dengan nama-Nya di muka bumi dan di langit. Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."(3x)
بِسْمِ الله خَيْرِ الأَسْمَاءِ فِي الأَرْضِ وَفِي السَّمَاءِ بِسْمِ الله أَفْتَتِحُ, وَبِهِ أَخْتَتِمُ, الله, الله, الله لاَ أُشْرِكُ بِهِ أَحَدًا. الله, الله , الله أَعَزُّ وَأَجَلُّ وَأَكْبَرُ مِمَّا أَخَافُ وَأَحْذَرُ (3×)
"Dengan nama Allah, sebaik-baik nama di muka bumi dan di langit. Dengan nama Allah aku membukanya dan mengakhiri segala sesuatunya. Allah, Allah, Allah, aku tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun. Allah, Allah, Allah Yang Maha Perkasa, Maha Agung, Maha Besar dari segala yang aku takuti dan aku khawatirkan." (3x)
للَّهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ نَفْسِى وَمِنْ شَرِّ غَيْرِى وَمِنْ شَرِّ مَاخَلَقَ رَبِّى, باِكَ اللَّهُمَّ أَحْتَرِزُ مِنْهُمْ, وَبِكَ اللَّهُمَّ أَدْرَأُ فِي نُحُوْرِهِمْ وَبِكَ اللَّهُمَّ أَعُوْذُ مِنْ شُرُوْرِهِمْ وَأَسْتَكْفِيْكَ إِيَّاهُمْ وَأُقَدِّمُ بَيْنَ يَدَيَّ وَأَيْدِيْهِمْ وَأَيْدِى مَنْ أَحَاطَتْهُ عِنَايَتِى وَشَمِلَتْهُ إِحَاطَتِى.
"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan diriku sendiri dan dari kejahatan selain diriku, dan dari kejahatan sesuatu yang tercipta ya Tuhan. Dengan Engkau ya Allah, aku mohon dipelihara dari mereka, dan dengan-Mu ya Allah, aku pegang kuduk mereka. Dan dengan-Mu ya Allah, aku berlindung dari kejahatan-kejahatan mereka, dan aku memohon perlindungan atas mereka dan aku kemukakan (permohonan perlindungan itu) di hadapanku, di hadapan mereka, dan di hadapan orang-orang yang memperoleh pertolonganku dan yang aku ketahui."
بِسْمِ الله الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ, قُلْ هُوَ الله أَحَدٌ الله الصَّمَدُ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ (3×)
"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Katakanlah:"Dialah Allah Yang Maha Esa, (Dia) Allah tempat memohon, (Dia) tidak beranak dan tidak diperanakkan dan tidak ada sesuatupun yang menyamainya."(3x)
وَمِثْلُ ذَلِكَ عَنْ يَمِيْنِى وَأَيْمَانِهِمْ وَمِثْلُ ذَلِكَ عَنْ شِمَالِى وَعَنْ شَمَائِلِهِمْ وَمِثْلُ ذَلِكَ أَمَامِى وَأَمَامَهُمْ وَمِثْلُ ذَلِكَ مِنْ خَلْفِى وَمِنْ خَلْفِهِمْ وَمِثْلُ ذَلِكَ مِنْ فَوْقِى وَمِنْ فَوْقِهِمْ وَمِثْلُ ذَلِكَ مِنْ تَحْتِى وَمِنْ تَحْتِهِمْ وَمِثْلُ ذَلِكَ مُحِيْطٌ بِى وَبِهِمْ, وَبِمَا أَحَطْنَا بِهِ,
"Dan seperti itulah (perlindungan yang aku mohonkan) dari sebelah kananku, dan sebelah kanan mereka. Dan seperti itulah dari sebelah kiriku dan sebelah kiri mereka. Dan seperti itu pula dari arah depanku dan arah depan mereka. Dan seperti itu pula dari arah belakangku dan belakang mereka. Dan seperti itu pula dari atasku dan atas mereka. Dan seperti itu pula dari bawahku dan bawah mereka, dan seperti itu pula yang meliputi aku dan meliputi mereka sesuai dengan yang kami ketahui."
اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ لِى وَلَهُمْ مِنْ خَيْرِكَ بِخَيْرِكَ الَّذِيْ لاَ يَمْلِكُهُ غَيْرُكَ اللَّهُمَّ اجْعَلْنِى وَإِيَّاهُمْ فِي حِفْظِكَ وَعِيَاذِكَ وَعِيَالِكَ وَجِوَارِكَ وَأَمْنِكَ وَأَمَانَتِكَ وَحِزْبِكَ وَحِرْزِكَ وَكَنَفِكَ وَسِتْرِكَ وَلُطْفِكَ مِنْ شَيْطَانٍ وَسُلْطَانٍ وَإِنْسٍ وَجَانٍّ وَبَاغٍ وَحَاسِدٍ وَسَبُعٍ وَحَيَّةٍ وَعَقْرَبٍ وَمِنْ شَرِّ كُلِّ دَابَّةٍ أَنْتَ آخِذٌ بِنَاصِيَتِهَا إِنَّ رَبِّى عَلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ,
"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu untukku dan untuk mereka, kebaikan-Mu dengan segala kebaikan yang tidak dimiliki oleh Dzat selain Engkau. Ya Allah, jadikanlah aku dan mereka dalam pemeliharaan-Mu, perlindungan-Mu, dalam golongan hamba-hamba-Mu, berada dalam tanggungan-Mu, di sisi-Mu, di dalam keamanan-Mu, di dalam amanah-Mu, dipihak-Mu, di dalam penjagaan-Mu, di sisi-Mu, ditutupi oleh tirai-Mu, dan diliputi oleh kasih sayang-Mu dari kejahatan syetan, kejahatan penguasa, kejahatan manusia, kejahatan bangsa jin, kejahatan para penjahat, dan kejahatan orang-orang yang hasud dan dengki, kejahatan binatang buas, kejahatan ular, kejahatan kala jengking, dan dari kejahatan setiap makhluk yang melata yang Engkau pegang ubun-ubunnya. Sesungguhnya Tuhanku berada di atas jalan yang lurus."
حَسْبِىَ الرَّبُّ مِنَ الْمَرْبُوْبِيْنَ حَسْبِىَ الْخَالِقُ مِنَ الْمَخْلُوْقِيْنَ حَسْبِىَ الرَّازِقُ مِنَ الْمَرْزُوْقِيْنَ حَسْبِىَ السَّاتِرُ مِنَ الْمَسْتُوْرِيْنَ حَسْبِىَ النَّاصِرُ مِنَ الْمَنْصُوْرِيْنَ حَسْبِىَ الْقَاهِرُ مِنَ الْمَقْهُوْرِيْنَ حَسْبِىَ الَّذِيْ هُوَ حَسْبِى مَنْ لَمْ يَزَلْ حَسْبِى, حَسْبِىَ الله وَنِعْمَ الْوَكِيْل حَسْبِىَ الله مِنْ جَمِيْعِ خَلْقِهِ,
"Cukuplah Tuhanku (sebagai Pelindung) dari makhluk yang diciptakan-Nya. Cukuplah bagiku Allah sebagai Pencipta dari para makhluk. Cukuplah bagiku Allah sebagai Pemberi rezeki dari pada mereka yang diberi rezeki. Cukuplah bagiku Allah sebagai penutup aibku daripada orang-orang yang ditutupi. Cukuplah bagiku Allah sebagai pembela dari pada orang-orang yang dibela. Cukuplah bagiku Allah Yang Maha Menundukkan dari pada orang-orang yang ditundukkan. Cukuplah bagiku Allah sebagai pelindung yang senantiasa melindungi. Cukuplah bagiku Allah sebagai Penolong dan Dialah sebaik-baik Penolong. Cukuplah bagi Allah sebagai Pelindung dari semua makhluk-Nya."
إِنَّ وَلِيِّيَ الله الَّذِيْ نَزَّلَ الْكِتَابَ وَهُوَ يَتَوَلىَّ الصَّالِحِيْنَ. وَإِذَا قَرَأْتَ الْقُرْآنَ جَعَلْنَا بَيْنَكَ وَبَيْنَ الَّذِيْنَ لاَ يُؤْمِنُوْنَ بِالأَخِرَةِ حِجَابًا مَسْتُوْرًا, وَجَعَلْنَا عَلَى قُلُوْبِهِمْ أَكِنَّةً أَنْ يَفْقَهُوْهُ وَفِي أَذَانِهِمْ وَقْرًا, وَإِذَا ذَكَرْتَ رَبَّكَ فِي الْقُرْآنِ وَحْدَهُ وَلَّوْا عَلَى أَدْبَارِهِمْ نُفُوْرًا, فَإِنْ تَوَلَّوْا فَقُلْ حَسْبِىَ الله لاَ إِ لَهَ إِلاَّ هُوَ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ (7×)
"Sesungguhnya pelindungku adalah Allah yang telah menurunkan al-Kitab (Al-Qur’an) dan Dia melindungi orang-orang yang sholeh."(QS Al-A’raf:196)
"Dan apabila kamu membaca al-Qur’an, Kami adakan antara kamu dan orang-orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat suatu dinding yang tertutup, dan Kami adakan tutup di atas hati mereka dan sumbatan di telinga mereka, agar mereka tidak dapat memahaminya. Dan apabila kamu menyebut Tuhanmu dalam Al-Qur’an saja, niscaya mereka berpaling ke belakang karena bencinya."(QS Al-Isra’:45-46)
"Jika mereka berpaling (dari keimanan), maka katakanlah:"Cukuplah Allah bagiku. Tidak ada Tuhan yang hak disembah selain Dia. Hanya kepada-Nya aku berserah diri dan Dia adalah Tuhan Yang Menguasai Arsy yang agung." (QS At-Taubah:129)(7x)
وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِالله الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ, وَصَلَّى الله عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الأُمِّيِّ وَعَلَى أَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ.
"Dan tidak ada daya dan kekuatan melainkan karena pertolongan dari Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung. Semoga sholawat dan salam tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw, nabi yang ummmi dan atas keluarganya serta para sahabatnya."
Kemudian meniup tanpa mengeluarkan ludah ke kanan 3 x, ke kiri 3x, ke depan 3x, ke belakang 3x.
خَبَأْتُ نَفْسِى فِي خَزَائِنِ بِسْمِ الله الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ أَقْفَالُهَا ثِقَتِى بِالله, مَفَاتِيْحُهَا لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِالله أُدَافِعُ بِكَ اللَّهُمَّ عَنْ نَفْسِى مَا أُطِيْقُ وَمَا لاَ أُطِيْقُ لاَ طَاقَةَ لِمَخْلُوْقٍ مَعَ قُدْرَةِ الْخَالِقِ,
"Aku sembunyikan diriku dalam perbendaharaan kalimat ‘Bismillahirrahmaanirrahiim’, gembok-gemboknya adalah keyakinanku kepada Allah, kunci-kuncinya adalah kalimat ‘ LAA HAULA WALAA QUWWATA ILLA BILLAH. Aku pertahankan diriku dengan memohon perlindungan-Mu, ya Allah atas apa yang aku mampu dan yang aku tidak mampu. Tidak ada kemampuan bagi seorang makhluk dari pada dengan kekuasaan Allah."
حَسْبِى الله وَنِعْمَ الْوَكِيْلِ بِخَفِيِّ لُطْفِ الله بِلُطْفِ صُنْعِ الله بِجَمِيْلِ سِتْرِ الله دَخَلْتُ فِي كَنَفِ الله تَشَفَّعْتُ بِسَيِّدِنَا رَسُوْلِ الله تَحَصَّنْتُ بِأَسْمَاءِ الله, أَمَنْتُ بِالله تَوَكَّلْتُ عَلَى الله ,إِدَّخَرْتُ الله لِكُلِّ شِدَّةٍ,
"Cukuplah Allah bagiku, Allah adalah sebaik-baik pelindung. Dengan tersembunyinya kasih sayang Allah, dengan indahnya ciptaan Allah, dengan bagusnya tirai Allah, aku masuk di sisi Allah, dan aku memohon syafa’at kepada junjungan kami Rasulullah saw, aku membentengi diri dengan asma Allah, aku beriman kepada Allah, aku berserah diri kepada Allah dan aku jadikan Allah sebagai Penyelamat di waktu aku mendapatkan kesulitan."
اللَّهُمَّ يَامَنْ إِسْمُهُ مَحْبُوْبٌ وَوَجْهُهُ مَطْلُوْبٌ إِكْفِنِي مَا قَلْبِى مِنْهُ مَرْهُوْبٌ, أَنْتَ غَالِبٌ غَيْرُ مَغْلُوْبٌ, وَصَلَّى الله عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَأَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ حَسْبِىَ الله وَنِعْمَ الْوَكِيْلِ.
"Ya Allah, yang asma-nya dicintai dan wajah-Nya sangat dicari/dirindukan, angkatlah rasa takut di hatiku. Engkau Yang Maha Perkasa dan bukan yang dikalahkan. Semoga Allah melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad, keluarganya dan para sahabatnya. Cukuplah Allah bagiku dan Dia adalah sebaik-baik Pelindung."
Doa Pembuka Pintu Rezeki:
يَافَتَّاحْ يَارَزَّاقْ يَاكَافِي يَامُغْنِى (100×)
"Wahai Dzat Yang Membuka, wahai Dzat Yang Memberi rezeki, wahai Dzat Yang mencukupi, wahai Dzat Yang memberikan kekayaan."
قُلِ ادْعُوا الله أَوِادْعُواالرَّحْمَنَ أَيَّامًا تَدْعُوْا فَلَهُ اْلاَسْمَاءُ الْحُسْنَى وَلاَ تَجْهَرْ بِصَلاَتِكَ وَلاَ تُخَافِتْ بِهَا وَابْتَغِ بَيْنَ ذَلِكَ سَبِيْلاً, وَقُلِ الْحَمْدُ لله الَّذِي لَمْ يَتَّخِذْ وَلَدًا وَلَمْ يَكُنْ لَهُ شَرِيْكٌ فِى الْمُلْكِ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ وَلِيٌّ مِنَ الذُّلِّ وَكَبِّرْهُ تَكْبِيْرًا(7×)
Katakanlah:"Serulah ‘Allah’ atau serulah ‘Ar-Rahman’,Dengan nama yang mana saja engkau menyeru, bagi-Nya yang mempunyai al-Asma’ul Husna (Nama-Nama yang Baik) dan janganlah engkau mengeraskan suara dalam sholatmu, dan jangan pula terlalu merendahkannya (lirih sehingga tidak bisa didengar oleh telinga) , dan carilah jalan tengah di antara keduanya ( antara keras dan terlalu lirih). Katakanlah:"Segala puji bagi Allah, Yang tidak mempunyai anak dan tidak ada bagi-Nya sekutu dalam urusan kerajaan-Nya, dan tidak ada bagi-Nya penolong disebabkan sesuatu kelemahan-Nya; dan hendaklah engkau mengagungkan-Nya dengan pengagungan yang sebesar--besarnya ."( QS Al-Isra:110-111)
لَقَدْ جَاءَ كُمْ رَسُوْلٌ مِنْ أَنْفُسِكُمْ عَزِيْزٌ عَلَيْهِ مَاعَنِتُّمْ حَرِيْصٌ عَلَيْكُمْ بِالْمُؤْمِنِيْنَ رَؤُوْفٌ رَحِيْمٌ, فَإِنْ تَوَلَّوْا فَقُلْ حَسْبِيَ الله لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ (7×)
"Sesungguhnya telah datang kepada kalian seorang Rasul dari golongan kalian sendiri (yaitu Nabi Muhammad saw) yang menjadi sangat berat kepadanya segala kesusahan yang ditanggung oleh kalian, yang sangat ingin kebaikan bagi kalian, dan ia pula menumpahkan perasaan belas serta kasih sayangnya kepada orang-orang yang beriman. Kemudian jika mereka berpaling ingkar, maka katakanlah (wahai Muhammad ):"Cukuplah bagiku Allah (yang menolong dan memeliharaku), tiada Tuhan (yang menolong dan memeliharaku), tiada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, kepada-Nya aku berserah diri dan Dialah yang mempunyai ‘Arsy yang agung." (QS At-Taubah :129)



لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله, الْمَوْجُوْدُ فِي كُلِّ زَمَانِ-لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله ,الْمَعْبُوْدُ فِي كُلِّ مَكَانٍ-لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله, الْمَذْكُوْرُ بِكُلِّ لِسَانٍ-لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله, الْمَعْرُوْفُ بِالإِحْسَانِ-لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله, كُلَّ يَوْمٍ هُوَ فِي شَانٍ-لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله, الأَمَانْ, الأَمَانْ مِنْ زَوَالِ اْلاِيْمَانِ, وَمِنْ فِتْنَةِ الشَّيْطَانِ-يَاقَدِيْمَ الاِحْسَانِ, كَمْ لَكَ عَلَيْنَا مِنْ إِحْسَانِ, إِحْسَانُكَ الْقَدِيْم-يَاحَنَّانْ, يَامَنَّانْ, يَارَحِيْم يَارَحْمَنْ, يَاغَفُوْر يَاغَفَّارْ, إِغْفِرْلَنَا وَارْحَمْنَا وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِيْن.
"Tidak ada Tuhan yang hak disembah kecuali Allah yang wujud sepanjang zaman. Tidak ada Tuhan yang hak disembah kecuali Allah yang disembah pada setiap tempat. Tidak ada Tuhan yang hak disembah kecuali Allah yang disebut oleh semua lisan. Tidak ada Tuhan yang hak disembah selain Allah yang dikenal dengan setiap kebaikan. Tidak ada Tuhan yang hak disembah kecuali Allah yang pada setiap masa Dia di dalam setiap urusan. Tidak ada Tuhan yang hak disembah kecuali Allah yang memberikan keamanan, keamanan daripada kehilangan iman dan dari fitnah syetan. Wahai Tuhan Dzat yang kekal sifat ihsan-Nya, telah berapa banyak kebaikan-Mu yang diberikan kepadaku. Kebaikan-Mu selalu kekal. Wahai Dzat Yang Maha Penyayang dan Maha Pemberi, Wahai Dzat Yang Maha Pengasih dan Maha Pemurah! Wahai Dzat Yang Maha Pengampun dan Maha Pemaaf! Ampunilah kami dan rahmatilah kami. Engkaulah Dzat sebaik-baik yang memberikan kasih-sayang."





أَسْتَغْفِرُ الله الْعَظِيْمَ, الَّذِيْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّوْمَ, غَفَّارَ الذُّنُوْبِ ذَاالْجَلاَلِ وَالاِكْرَامِ, وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ مِنْ جَمِيْعِ الْمَعَاصِي كُلِّهَا, وَالذُّنُوْبِ وَاْلاَثَامِ, وَمِنْ كُلِّ ذَنْبٍ أَذْنَبْتُهُ عَمْدًا وَخَطَأً, ظَاهِرًا وَبَاطِنًا قَوْلاً وَفِعْلاً, فِي جَمِيْعِ حَرَكَاتِي وَسَكَنَاتِي, وَخَطَرَاتِي وَأَنْفَاسِي كُلِّهَا, دَائِمًا أَبَدًا سَرْمَدًا مِنَ الذَّنْبِ الَّذِيْ أَعْلَمُ, وَمِنَ الذَّنْبِ الَّذِيْ لاَ أَعْلَمُ, عَدَدَ مَا أَحَاطَ بِهِ الْعِلْمُ وَأَحْصَاهُ الْكِتَابُ, وَخَطَّهُ الْقَلَمُ, وَعَدَدَمَا أَوْجَدَتْهُ الْقُدْرَةُ ,وَخَصَّصَتْهُ اْلاِرَادَةُ, وَمِدَادَ كَلِمَاتِ الله, كَمَا يَنْبَغِي لِجَلاَلِ وَجْهِ رَبِّنَا وَجَمَالِهِ وَكَمَالِهِ, وَكَمَا يُحِبُّ رَبُّنَا وَيَرْضَى .
"Aku memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Besar, Yang tidak ada Tuhan yang hak disembah melainkan Dia, Tuhan Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri dengan sendirinya, Maha Pengampun segala dosa, Yang Memiliki keagungan dan kemuliaan. Aku bertaubat kepada-Nya dari segala perbuatan maksiat, dosa dan kesalahan yang telah aku lakukan, baik yang saya sengaja atau pun tidak disengaja, yang dhahir ataupun yang batin, pada perkataan ataupun perbuatan, dalam setiap pergerakan dan diamku, yang terlintas di benak hatiku ataupun yang wujud di dalam hembusan nafasku, semuanya untuk selama-lamanya. Dan dari dosa yang aku ketahui ataupun dosa yang tidak aku ketahui, sebanyak apa yang diketahui oleh ilmu Allah, yang dihitung oleh buku amalan dan yang dicatat oleh pena. Sebanyak yang diwujudkan oleh kekuasaan Allah, yang dituntut oleh kehendak-Nya dan sebanyak tinta kalimat-kalimat Allah sebagaimana yang selayaknya bagi kebesaran Wajah Tuhan kami, keindahan-Nya dan sifat kesempurnaan-Nya, dan sebagaimana yang dicintai oleh Tuhan kami dan yang diridhai-Nya."
الْحَمْدُ لله الَّذِيْ مَنَّ عَلَيْنَا بِمُحَمَّدٍ صلى الله عليه وسلم (جَزَى الله عَنَّاسَيِّدَنَا مُحَمَّدًا صَلَّى الله عليه وسلم مَاهُوَ أَهْلُهُ-3×)
"Segala puji bagi Allah swt Dzat yang telah mengaruniakan kepada kami dengan ( wasilah) Nabi Muhammad saw ( Semoga Allah membalas dari pada kami jasa junjungan kami Nabi Muhammad saw dengan sesuatu yang layak bagi beliau."(3x)
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.
"Maha Suci Tuhanmu, Tuhan yang mempunyai keagungan dan kekuasaan dari apa yang mereka katakan. Dan keselamatan semoga tercurah kepada para rasul. Dan segala puji bagi Allah swt, Tuhan yang memelihara seluruh alam."





اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى وَتُبْ عَلَيَّ إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الْغَفُوْرُ (1/100×)
"Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku, terimalah taubatku. Sesungguhnya Engkau Maha Penerima taubat lagi Maha Pengampun."



مايقرأ بعد صلاة العصر
Bacaan Wirid Setelah Sholat Ashar

1. Lihat Dzikir & Wirid hal :1 الأذكار المذكورة



بِسْمِ الله الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ: اللَّهُمَّ يَاالله يَا عَلِيُّ يَاعَظِيْمٌ يَاحَلِيْمُ يَا عَلِيْمُ أَنْتَ رَبِّى وَعِلْمُكَ حَسْبِى, فَنِعْمَ الرَّبُّ رَبِّى وَنِعْمَ الْحَسْبُ حَسْبِى تَنْصُرُ مَنْ تَشَاءُ وَأَنْتَ الْعَزِيْزُ الرَّحِيْمُ,
"Dengan menyebut nama Allah swt yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang: Ya Allah, ya Allah! Wahai Dzat Yang Maha Tinggi, Dzat Yang Maha Agung, Dzat Yang Maha Penyantun, Dzat Yang Maha Mengetahui! Engkaulah Tuhanku dan liputan ilmu-Mu telah mencukupi bagiku, oleh karena itu sebaik-baik Tuhan adalah Tuhanku, dan sebaik-baik yang memberikan kecukupan adalah Tuhan Yang Mencukupiku. Engkau memberikan pertolongan kepada siapa saja yang Engkau kehendaki dan hanyalah Engkau Yang Maha Perkasa lagi Maha Penyayang."
نَسْأَلُكَ الْعِصْمَةَ فِي الْحَرَكَاتِ وَالسَّكَنَاتِ وَالْكَلِمَاتِ وَالإِرَادَاتِ وَالْخَطَرَاتِ مِنَ الشُّكُوْكِ وَالظَّنُّوْنِ وَالأَوْهَامِ السَّاتِرَةِ لِلْقُلُوْبِ عَنْ مُطَالَعَةِ الْغُيُوْبِ
"Kami memohon pemeliharaan-Mu dalam segala gerak-gerik dan diam kami, dalam segala ucapan dan kehendak kami serta dalam lintasan hati kami dari segala keraguan dan persangkaan buruk serta perasaan-perasaan yang menutup hati kami dari menyaksikan rahasia-rahasia ghaib-Mu"
(فَقَدِ ابْتُلِيَ الْمُؤْمِنُوْنَ وَزُلْزِلُوْا زِلْزَالاً شَدِيْدًا وَإِذْ يَقُوْلُ الْمُنَافِقُوْنَ وَالَّذِيْنَ فِي قُلُوْبِهِمْ مَرَضٌ مَا وَعَدَنَا الله وَرَسُوْلَهُ إِلاَّ غُرُوْرًا).
"Maka sungguh diuji orang-orang yang beriman, dan mereka digoncangkan dengan goncangan yang amat dahsyat. Dan ketika orang-orang munafik serta orang-orang yang ada penyakit di dalam hati mereka berkata:"Tidaklah Allah dan Rasul-Nya menjanjikan kepada kita melainkan perkara yang menipu saja."(QS Al-Ahzab:12)
فَثَبِّتْنَا وَانْصُرْنَا وَسَخِّرْلَنَا هَذَا الْبَحْرَ كَمَا سَخَّرْتَ الْبَحْرَ لِمُوْسَى عَلَيْهِ السَّلاَمُ.وَسَخَّرْتَ النَّارَ لإِبْرَاهِيْمَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ وَسَخَّرْتَ الْجِبَالَ وَالْحَدِيْدَ لِدَاوُوْدَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ, وَسَخَّرْتَ الرِّيْحَ وَالشَّيَاطِيْنَ وَالْجِنَّ لِسُلَيْمَانَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ,
"Maka tetapkanlah pendirian kami dan tolonglah kami serta tundukkanlah bagi kami lautan (keperluan dan kesusahan) ini sebagaimana Engkau telah tundukkan lautan (Merah) kepada Nabi Musa as, Engkau telah tundukkan api kepada Nabi Ibrahim as, Engkau telah tundukkan gunung-gunung dan lembutkan besi kepada Nabi Dawud as, dan telah Engkau tundukkan angin, syetan dan jin kepada Nabi Sulaiman as."
وَسَخِّرْ لَنَا كُلَّ بَحْرٍ هُوَ لَكَ فِي الأَرْضِ وَالسَّمَاءِ وَالْمُلْكِ وَالْمَلَكُوْتِ وَبَحْرِ الدُّنْيَا وَبَحْرِ الأَخِرَةِ, وَسَخِّرْ لَنَا كُلَّ شَيْئٍ يَا مَنْ بِيَدِهِ مَلَكُوْتُ كُلِّ شَيْئٍ.
"Maka tundukkanlah bagi kami semua lautan milik-Mu yang berada di bumi dan di langit, di alam Mulk dan alam Malakut, di lautan dunia dan lautan akhirat. Dan tundukkanlah tiap-tiap sesuatu kepada kami, wahai Dzat Yang Menggenggam kekuasaan segala sesuatu."
كهيعص كهيعص كهيعص أُنْصُرْنَا فَإِنَّكَ خَيْرُ النَّاصِرِيْنَ, وَافْتَحْ لَنَا فَإِنَّكَ خَيْرُ الْفَاتِحِيْنَ,وَاغْفِرْلَنَا فَإِنَّكَ خَيْرُ الْغَافِرِيْنَ, وَارْحَمْنَا فَإِنَّكَ خَيْرُ الرَّاحِمِيْنَ,وَارْزُقْنَا فَإِنَّكَ خَيْرُ الرَّازِقِيْنَ,
"Kaaf Haa Yaa ‘Ain Shad (3x)Tolonglah kami, karena sesungguhnya Engkau adalah sebaik-baik penolong. Bukakanlah pintu kemenangan bagi kami, karena sesungguhnya Engkau sebaik-baik Pembuka kemenangan. Dan ampunilah kami, karena sesungguhnya Engkau adalah sebaik-baik Pemberi ampun. Dan Kasihanilah kami, karena sesungguhnya Engkau adalah sebaik-baik Pengasih. Dan berikanlah kami rezeki, karena sesungguhnya Engkau adalah sebaik-baik pemberi rezeki."
وَاهْدِنَا وَنَجِّنَا مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِيْنَ وَهَبْ لَنَا رِيْحًا طَيِّبَةً كَمَا هِيَ فِي عِلْمِكَ وَانْشُرْهَا عَلَيْنَا مِنْ خَزَائِنِ رَحْمَتِكَ وَاحْمِلْنَا بِهَا حَمْلَ الْكَرَامَةِ مَعَ السَّلاَمَةِ وَالْعَافِيَةِ فِي الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالأَخِرَةِ,إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ.
"Dan berilah kami petunjuk serta selamatkanlah kami dari kaum yang dhalim. Berikanlah kepada kami angin baik yang bertiup menurut ilmu-Mu. Dan tebarkanlah angin itu ke atas kami dari perbendaharaan rahmat-Mu, dan bawalah kami dengan angin itu dengan penuh penghormatan disertai dengan keselamatan, kesejahteraan di dalam agama kami dan dunia serta akhirat kami. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu."
اللَّهُمَّ يَسِّرْ لَنَا أُمُوْرَنَا مَعَ الرَّاحَةِ لِقُلُوْبِنَا وَأَبْدَانِنَا وَالسَّلاَمَةِ وَالْعَافِيَةِ فِي دِيْنِنَا وَدُنْيَانَا وَكُنْ لَنَا صَاحِبًا فِي سَفَرِنَا وَحَضَرِنَا وَخَلِيْفَةً فِي أَهْلِنَا, وَاطْمِسْ عَلَى وُجُوْهِ أَعْدَائِنَا وَامْسَخْهُمْ عَلَى مَكَانَتِهِمْ فَلاَ يَسْتَطِيْعُوْنَ الْمُضِيَّ وَلاَ الْمُجِئَ إِلَيْنَا
"Ya Allah, permudahkanlah urusan kami disertai dengan rasa tenang di dalam hati kami dan rasa ringan oleh badan kami, dan diberikan keselamatan, kesejahteraan di dalam agama dan dunia kami. Jadilah Engkau teman kami dalam perjalanan kami dan menjadi pengganti kami bagi keluarga yang kami tinggal, dan lenyapkanlah musuh-musuh kami dan hapuskanlah mereka di mana saja berada sehingga mereka tidak berdaya untuk datang dan menyerang kami."
(وَلَوْ نَشَاءُ لَطَمَسْنَا عَلَى أَعْيُنِهِمْ فَاسْتَبَقُوْا الصِّرَاطَ فَأَنَّى يُبْصِرُوْنَ, وَلَوْ نَشَاءُلَمَسَخْنَاهُمْ عَلَى مَكَانَتِهِمْ فَمَا اسْتَطَاعُوْامُضِيًّا وَلاَ يَرْجِعُوْنَ)
"Dan seandainya Kami kehendaki, Kami berkuasa menghapuskan bentuk dan mata kepala mereka menjadi rata sehingga masing-masing mencari jalan, maka bagaimanakah mereka dapat melihatnya? Dan kalau Kami menghendaki, kami berkuasa mengubah keadaan jasmani mereka di tempat yang mereka berada padanya, maka dengan itu mereka tidak dapat datang ke hadapan dan juga tidak dapat mundur ke belakang."(QS Yasin:66-67)
(يس, وَالْقُرْءَانِ الْحَكِيْمِ, إِنَّكَ لَمِنَ الْمُرْسَلِيْنَ عَلَى سِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ, تَنْزِيْلَ الْعَزِيْزِ الرَّحِيْمِ, لِتُنْذِرَ قَوْمًامَّآ أُنْذِرَ أَبَآؤُهُمْ فَهُمْ غَافِلُوْنَ, لَقَدْ حَقَّ الْقَوْلُ عَلَى أَكْثَرِهِمْ فَهُمْ لاَ يُؤْمِنُوْنَ, إِنَّا جَعَلْنَافِي أَعْنَاقِهِمْ أَغْلاَلاً فَهِيَ إِلَى الأَذْقَانِ فَهُمْ مُقْمَحُوْنَ, وَجَعَلْنَا مِنْ بَيْنِ أَيْدِيْهِمْ سَدًّا وَمِنْ خَلْفِهِمْ سَدًّا فَأَغْشَيْنَاهُمْ فَهُمْ لاَ يُبْصِرُوْنَ)
"Yasiin, Demi Al-Qur’an yang penuh hikmah, sesungguhnya kamu salah seorang dari para rasul ,(yang berada) di atas jalan yang lurus, (sebagai wahyu) yang diturunkan oleh Yang Maha Perkasa lagi Maha Penyayang, agar kamu memberi peringatan kepada kaum yang bapak-bapak mereka belum pernah diberi peringatan, karena itu mereka lalai. Sesungguhnya telah pasti berlaku perkataan (ketentuan Allah swt) terhadap kebanyakan mereka, karena mereka tidak beriman. Sesungguhnya Kami telah memasang belenggu di leher mereka, lalu tangan mereka (diangkat) ke dagu, maka karena itu mereka tertengadah. Dan Kami adakan di hadapan mereka dinding dan di belakang mereka dinding (pula), dan Kami tutup (mata) mereka sehingga mereka tidak dapat melihat."(QS Yasin:1-9)
شَاهَتِ الْوُجُوْه, شَاهَتِ الْوُجُوْه, شَاهَتِ الْوُجُوْه (وَعَنَتِ الْوُجُوْهُ لِلْحَيِّ الْقَيُّوْمِ وَقَدْ خَابَ مَنْ حَمَلَ ظُلْمًا) طس حم عسق (مَرَجَ الْبَحْرَيْنِ يَلْتَقِيَانِ بَيْنَهُمَا بَرْزَخٌ لاَ يَبْغِيَانِ)
"Muka-muka mereka terkena serangan kami dan jadi bodoh muka-muka mereka (3x). Dan segala muka akan tunduk dengan berupa kehinaan kepada Allah yang tetap hidup, lagi Maha Kekal Mengatur makhluk-Nya; dan sesungguhnya merugilah orang yang menanggung dosa kedhaliman.(QS Thaha:111). Thaasiin, Haa Miim, ‘Ain Siin Qoof. Ia biarkan air dua laut mengalir sedang keduanya bertemu. Padahal di antara keduanya ada penyekat yang memisahkannya, masing-masing tidak melampaui dengan yang lainnya."(QS Ar-Rahman:18-19)
حم,حم,حم ,حم,حم,حم,حم-حُمَّ الأَمْرُ وَجَاءَ النَّصْرُ فَعَلَيْنَا لاَ يُنْصَرُوْنَ (حم-تَنْزِيْلَ الْكِتَابِ مِنَ الله الْعَزِيْزِ الْعَلِيْمِ, غَافِرِ الذَّنْبِ وَقَابِلِ التَّوْبِ شَدِيْدِ الْعِقَابِ ذِى الطَّوْلِ لاَ إِ لَهَ إِلاَّ هُوَ إِلَيْهِ الْمَصِيْرُ)
"Haamiim (7x). Telah ditetapkan segala perkara itu dan telah tiba pertolongan Allah. Oleh karena itu, musuh-musuh kami tidak dibantu untuk mengalahkan kami. "Haamiim. Turunnya Al-Qur’an ini dari Allah swt Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui, Yang Mengampuni dosa-dosa, Yang Menerima taubat, Yang Berat adzab-Nya dan Yang Melimpahkan Karunia-Nya, tidak ada Tuhan yang hak disembah melainkan Dia, kepada-Nyalah tempat kembali."(QS Al-Mukmin:1-3)
بِسْمِ الله بَابُنَا,تَبَارَكَ حِيْطَانُنَا,يس سَقْفُنَا,كهيعص كِفَايَتُنَا,حمعسق حِمَايَتُنَا,ق وَالْقُرْءَانِ الْمَجِيْدِ وِقَايَتُنَا (فَسَيَكْفِيْكَهُمُ الله وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ)3×.
"Dengan nama Allah adalah pintu kami, dengan keberkahan adalah pagar kami, dan dengan Yaasiin adalah atap kami. Kaaf Haa Yaa ‘Ain Shaad adalah mencukupi kami, Haa Miim ‘Ain Siin Qaaf adalah penjagaan kami. Qaaf, demi Al-Qur’an yang mulia adalah benteng kami." Maka Allah akan memelihara kamu dari mereka dan Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."(QS Al-Baqarah:137)
سِتْرُ الْعَرْشِ مَسْبُوْلٌ عَلَيْنَا وَعَيْنُ الله نَاظِرَةٌ إِلَيْنَا, بِحَوْلِ الله لاَ يَقْدِرُ عَلَيْنَا (وَالله مِنْ وَرَائِهِمْ مُحِيْطٌ بَلْ هُوَ قُرْءَانٌ مَجِيْدٌ فِي لَوْحٍ مَحْفُوْظٍ)(فَالله خَيْرٌ حَافِظًا وَهُوَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِيْنَ( 3×)
"Penutup Arsy terhampar di atas kami, sedang pandangan mata Allah senantiasa memandang kami. Dengan daya pertolongan Allah, tidak berkuasa seorangpun berbuat madharat kepada kita. Dan Allah mengepung mereka dari belakang mereka. Bahkan (yang didustakan) adalah Al-Qur’an yang mulia yang berada dalam Lauh Mahfudz. (Maka Allah adalah sebagik-baik penjaga dan Dia adalah sebaik-baik yang memberi kasih sayang)."(3x)
(إِنَّ وَلِيِّيَ الله الَّذِيْ نَزَّلَ الْكِتَابَ وَهُوَ يَتَوَلَّى الصَّالِحِيْن(َ3×) (حَسْبِىَ الله لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْم(ِ3×) بِسْمِ الله الَّذِي لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْئٌ فِي الأَرْضِ وَلاَ فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ( 3×) وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِالله الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ (3×) وَصَلَّى الله عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الأُمِّيِّ وَعَلَى أَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ.
"Sesungguhnya pelindungku adalah Allah Yang telah menurunkan al-Kitab (Al-Qur’an) dan Dia melindungi orang-orang yang shalih."(3x). Cukuplah Allah bagiku, tidak ada Tuhan melainkan Dia, hanya kepada-Nya aku bertawakal dan Dia adalah Tuhan Yang memiliki Arsy yang agung. (3x) Dengan nama Allah Yang tidak membahayakan bersama nama-Nya segala sesuatu yang ada di bumi dan di langit.Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.(3x). Tidak ada daya dan kekuatan melainkan dengan pertolongan dari Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.(3x).Dan semoga Allah swt mencurahkan sholawat dan salam kepada junjungan kami yaitu Nabi Muhammad saw, nabi yang ummi dan juga kepada keluarga serta para sahabatnya."
اللَّهُمَّ إِنَّكَ تَعْلَمُ مَانَحْنُ فِيْهِ وَمَا نَطْلُبُهُ وَنَرْتَجِيْهِ مِنْ رَحْمَتِكَ فِي أَمْرِنَا كُلِّهِ فَيَسِّرْ لَنَا مَا نَحْنُ فِيْهِ مِنْ سَفَرِنَا وَمَا نَطْلُبُهُ مِنْ حَوَائِجِنَا وَقَرِّبْ عَلَيْنَا الْمَسَافَاتِ وَسَلِّمْنَا مِنَ الْعِلَلِ وَالأَفَاتِ وَلاَ تَجْعَلِ الدُّنْيَا أَكْبَرَ هَمِّنَا وَلاَ مَبْلَغَ عِلْمِنَا وَلاَ تُسَلِّطْ عَلَيْنَا مَنْ لاَ يَرْحَمُنَابِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى الله عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَأَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ.
"Ya Allah, sesungguhnya Engkau mengetahui keadaan yang sedang kami hadapi, permintaan dan harapan kami dari pada rahmat-Mu dalam semua urusan kami. Maka permudahkanlah urusan kami di dalam perjalanan kami dan apa yang kami minta dari keperluan-keperluan kami. Dekatkanlah jarak perjalanan kami, selamatkanlah kami dari segala penyakit dan kerusakan. Janganlah Engkau jadikan dunia ini sebesar-besar keinginan kami dan setinggi-tinggi harga ilmu kami. Janganlah Engkau kuasakan ke atas kami orang yang tidak menyayangi kami dengan rahmat-Mu, wahai Tuhan Yang Maha Pengasih sebaik-baik yang mengasihani! Semoga Allah swt mencurahkan rahmat dan keselamatan atas junjungan kami, Nabi Muhammad saw, keluarganya dan sahabat-sahabatnya."

مايقرأ بعد صلاة المغرب
Bacaan Setelah Sholat Maghrib
Lihat Dzikir dan Wirid Hal 4: 1.الأذكار المذكورة
Ayatul Asyr (ayat sepuluh) : 2.أية العشر
الم,ذَلِكَ الْكِتَابُ لاَ رَيْبَ فِيْهِ هُدًى لِلْمُتَّقِيْنَ, الَّذِيْنَ يُؤْمِنُوْنَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيْمُوْنَ الصَّلاَةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُوْنَ, وَالَّذِيْنَ يُؤْمِنُوْنَ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْكَ وَمَا أُنْزِلَ مِنْ قَبْلِكَ وَبِالأَخِرَةِ هُمْ يُوْقِنُوْنَ.
"Alif Lam Miim,Kitab (Al-Qur’an) ini tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi mereka yang bertakwa, (yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan sholat dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka, dan mereka yang beriman kepada Kitab (Al-Qur’an) yang telah diturunkan kepadamu dan kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya kehidupan akhirat."(QS Al-Baqarah:1-4)
الله لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ, لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ, لَهُ مَافِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الأَرْضِ مَنْ ذَاالَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلاَّ بِإِذْنِهِ, يَعْلَمُ مَابَيْنَ أَيْدِيْهِمْ وَمَاخَلْفَهُمْ وَلاَ يُحِيْطُوْنَ بِشَيْئٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَاشاَء, وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ وَلاَ يَؤُدُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ.
Allah tidak ada Tuhan melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak pernah mengantuk dan tidak pernah tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Siapakah yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa idzin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi (Arsy) Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.(QS Al-Baqarah :255,Ayat Al-Kursi)
لاَ إِكْرَاهَ فِي الدِّيْنِ قَدْ تَبَيَّنَ الرُّشْدُ مِنَ الْغَيِّ فَمَنْ يَكْفُرْ بِالطَّاغُوْتِ وَيُؤْمِنْ بِالله فَقَدِ اسْتَمْسَكَ بِالْعُرْوَةِ الْوُثْقَى لاَ انْفِصَامَ لَهَا وَالله سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ, الله وَلِيُّ الَّذِيْنَ أَمَنُوْا يُخْرِجُهُمْ مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّوْرِ, وَالَّذِيْنَ كَفَرُوْا أَوْلِيَاؤُهُمُ الطَّاغُوْتُ يُخْرِجُهُمْ مِنَ النُّوْرِ إِلَى الظُّلُمَاتِ , أُولَئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ هُمْ فِيْهَا خَالِدُوْنَ.
"Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar dari pada jalan yang salah. Karena itu barangsiapa yang ingkar kepada Thaghut dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Allah Pelindung orang-orang yang beriman;Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan (kekafiran) kepada cahaya (iman). Dan orang-orang yang kafir, pelindung-pelindungnya adalah syetan, yang mengeluarkan mereka dari pada cahaya kepada kegelapan (kekafiran). Mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya."(QS Al-Baqarah:256-257)
لله مَافِي السَّمَوَاتِ وَمَا فِي الأَرْضِ, وَإِنْ تُبْدُوْامَا فِي أَنْفُسِكُمْ أَوْ تُخْفُوْهُ يُحَاسِبْكُمْ بِهِ الله, فَيَغْفِرُ لِمَنْ يَشَاء وَيُعَذِّبُ مَنْ يَشَاء, وَالله عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ.آمَنَ الرَّسُوْلُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُوْنَ, كُلٌّ آمَنَ بِالله وَمَلاَئِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ, لاَ نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ, وَقَالُوْا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيْر, لاَ يُكَلِّفُ الله نَفْسًا إِلاَّ وُسْعَهَا , لَهَا مَاكَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَااكْتَسَبَتْ, رَبَّنَا لاَ تُؤَاخِذْنَا إِنَّ نَسِيْنَا أَوْ أَخْطَأْنَا, رَبَّنَا وَلاَ تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا, رَبَّنَا وَلاَ تُحَمِّلْنَا مَالاَ طَاقَةَ لَنَا بِهِ,وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْلَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلاَ نَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِيْنَ.آمين
"Kepunyaan Allah-lah segala apa yang ada di langit dan di bumi. Dan jika kamu melahirkan apa yang ada di dalam hatimu atau kamu menyembunyikannya, niscaya Allah akan membuat perhitungan dengan kamu tentang perbuatanmu itu. Maka Allah mengampuni siapa yang dikehendaki-nya dan menyiksa siapa yang dikehendaki-Nya ; dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. Rasul telah beriman kepada Al-Qur’an yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan):"Kami tidak membeda-bedakan antara seorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya", dan mereka mengatakan:"Kami dengar dan kami taat". (mereka berdoa):"Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali." Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapatkan pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa):"Ya Tuhan kami, janganlah Engkau menghukum kami jika kami lupa atau kami bersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang yang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Berikanlah ma’af kami, ampunilah kami, rahmatilah kami,Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir."(QS Al-Baqarah:284-286)


1.الفاتحة...آيَةُ الْكُرْسِيِّ....آمَنَ الرَّسُوْلُ ....فَانْصُرْنَاعَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِيْنَ.
2.لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ, لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِى وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ (3×)
"Tidak ada Tuhan yang hak disembah melainkan Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kerajaan dan bagi-Nya segala pujian, Yang menghidupkan dan Yang mematikan. Dan Dia Maha Berkuasa atas segala sesuatu."(3x)
3.سُبْحَانَ الله وَالْحَمْدُ لله وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَالله أَكْبَرُ (3×)
"Maha Suci Allah segala puji bagi Allah, dan tidak ada Tuhan yang hak disembah melainkan Allah serta Allah Maha Besar."(3x)
4.سُبْحَانَ الله وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ الله الْعَظِيْمِ (3×)
"Maha Suci Allah dengan segala pujian-Nya, Maha Suci Allah Yang Maha Agung."(3x)
5.رَبَّنَااغْفِرْلَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ (3×)
"Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami, terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkau Maha penerima taubat lagi Maha Penyayang."(3x)
6.اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ (3×)
"Ya Allah, limpahkanlah sholawat kepada junjungan kami yaitu Nabi Muhammad saw. Ya Allah, limpahkanlah sholawat dan keselamatan kepadanya."(3x)
7.أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ الله التَّآمَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ (3×)
"Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah Yang Sempurna dari kejahatan makhluk yang tercipta."(3x)
8.بِسْمِ الله الَّذِيْ لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْئٌ فِي الأَرْضِ وَلاَ فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ (3×)
"Dengan nama Allah, Dzat Yang tidak membahayakan dengan nama-Nya segala sesuatu yang di bumi dan di langit. Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."(3x)
9.رَضِيْنَابِالله رَبًّا وَبِالإِسْلاَمِ دِيْنًا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيًّا وَرَسُوْلاً (3×)
"Kami ridha bahwa Allah swt Tuhan kami, Islam menjadi agama kami, dan Nabi Muhammad saw menjadi nabi dan rasul."(3x)
10.بِسْمِ الله وَالْحَمْدُ لله وَالْخَيْرُ وَالشَّرُّ بِمَشِيْئَةِ الله (3×)
"Dengan menyebut nama Allah, segala puji bagi Allah, segala kebaikan dan keburukan atas kehendak Allah."(3x)
11.آمَنَّا بِالله وَالْيَوْمِ الأَخِرِتُبْنَا إِلَى الله بَاطِنًا وَظَاهِرْ (3×)
"Kami beriman kepada Allah dan mengimani (kepastian datangnya) Hari Akhir. Kami bertaubat kepada Allah secara lahir dan batin."(3x)
12.يَارَبَّنَاوَاعْفُ عَنَّا وَامْحُ الَّذِي كَانَ مِنَّا (3×)
"Ya Allah Tuhan kami, maafkanlah kesalahan kami dan hapuskanlah dosa perbuatan buruk yang kami lakukan."(3x)
13.يَاذَاالْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ أَمِتْنَا عَلَى دِيْنِ الإِسْلاَمِ (7×)
"Ya Allah, Tuhan pemilik kebesaran dan karunia, wafatkanlah kami dalam agama Islam."(3x)
14.يَاقَوِيُّ يَامَتِيْنُ إِكْفِ شَرَّ الظَّالِمِيْنَ (3×)
"Ya Allah Yang Maha Kuat, ya Allah Yang Maha Sentosa, cegahlah kejahatan orang-orang dhalim."(3x)
15.أَصْلَحَ الله أُمُوْرَ الْمُسْلِمِيْنَ صَرَفَ الله شَرَّ الْمُؤْذِيْنَ (3×)
"Semoga Allah memperbaiki urusan kaum muslimin dan menyingkirkan kejahatan kaum yang suka mengganggu."(3x)
16.يَاعَلِيُّ يَاكَبِيْرُ, يَاعَلِيْمُ يَاقَدِيْرُ,يَاسَمِيْعُ يَابَصِيْرُ, يَالَطِيْفُ يَاخَبِيْرُ (3×)
"Wahai Dzat Yang Maha Tinggi, wahai Yang Maha Besar, wahai Yang Maha Mengetahui, wahai Yang Maha Kuasa, wahai Yang Maha Mendengar, wahai Yang Maha Melihat, wahai Yang Maha Lembut, wahai Yang Maha Mengamati."(3x)
17.يَافَارِجَ الْهَمِّ يَاكَاشِفَ الْغَمِّ يَامَنْ لِعَبْدِهِ يَغْفِرْ وَيَرْحَمْ (3×)
"Ya Allah yang berkuasa menghapus kesedihan. Ya Allah Yang Maha Kuasa melenyapkan kesusahan. Ya Allah yang mengampuni dan mengasihi hamba-Nya."(3x)
18.أَسْتَغْفِرُ الله رَبَّ الْبَرَايَا أَسْتَغْفِرُ الله مِنَ الْخَطَايَا (3×)
"Kami memohon ampun kepada Allah swt Tuhan segenap manusia, kami memohon ampun kepada Allah atas segala kesalahan."(3x)
19.لاَإِ لَهَ إِلاَّ الله (10×) مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ الله صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.
"Tidak ada Tuhan yang hak disembah melainkan Allah (10x). Nabi Muhammad saw adalah utusan Allah, semoga Allah melimpahkan rahmat dan keselamatan kepadanya."





"Dan semoga Allah memuliakan dan menjunjungnya, mengagungkannya dan membesarkannya, dan semoga Allah swt meridhai semua ahli baitnya yang hidup suci dan para sahabatnya yang mendapat petunjuk, dan semua orang yang mengikuti jejaknya dengan kebajikan hingga Hari Kiamat."
20.قُلْ هُوَ الله أَحَدٌ...(3×) قُلْ أَعُوْذُبِرَبِّ الْفَلَقِ...قُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِ......
Katakanlah:"Dialah Allah Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tiada beranak dan tiada pula diperanakkan, dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia."(3x)
Katakanlah:"Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai subuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita. Dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan orang-orang yang dengki apabila ia dengki."
Katakanlah:"Aku berlindung kepada Tuhan manusia, Raja manusia, Sesembahan manusia, dari kejahatan (bisikan) syetan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari jin dan manusia."
21. الفاتحة_لِلنَّبِيِّ الْمُصْطَفَى مُحَمَّدٍ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَصْحَابِهِ الْكِرَامِ, وَآلِ بَيْتِهِ الْعِظَامِ وَالأَئِمَّةِ الأَعْلاَمِ ,خُصُوْصًا لِصَاحِبِ هَذَاالرَّاتِبِ قُطْبِ الإِرْشَادِ الْحَبِيْبِ عَبْدِ الله بْنِ عَلَوِى الْحَدَّادِ وَأَجْدَادِهِ مِنْ سَادَاتِنَا آلِ بَاعَلَوِىبِأَنَّ الله يُعْلِى دَرَجَاتِهِمْ فِي الْجَنَّةِ وَيَنْفَعُنَابِبَرَكَاتِهِمْ وَأَسْرَارِهِمْ وَأَنْوَارِهِمْ فِي الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالأَخِرَةِ (الفاتحة...)
"Al-Fatihah-kepada Nabi terpilih, Muhammad saw dan para sahabatnya yang mulia serta para keluarganya yang agung, dan para imam yang alim-alim, khususnya kepada pengarang ratib ini,tokoh pemberi petunjuk, yaitu Al-Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad, dan leluhurnya dari keluarga Ba’alawi, semoga Allah swt meninggikan derajat mereka di surga, dan memberi manfaat kepada kami dengan keberkahan mereka, dengan rahasia-rahasia mereka, dengan cahaya-cahaya mereka,di dunia dan akhirat. (AL-Fatihah)"
22.وَإِلَى وَالِدِيْنَاوَوَالِدِيْكُمْ خَاصَّةْ وَأَمْوَاتِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةْ بِأَنَّ الله يَتَغَشَّاهُمْ بِالرَّحْمَةِ وَيُسْكِنُهُمُ الْجَنَّةْ وَأَنَّ الله يَكْفِيْنَا وَإِيَّاكُمْ شَرَّ الظَّالِمِيْنَ وَشَرَّ الْمُؤْذِيْنَ وَشَرَّ الْحَاسِدِيْنَ وَأَنَّ الله يُعْطِى كُلَّ سَائِلٍ مِنَّا وَمِنْكُمْ سُؤْلَهُ عَلَى مَايُرْضِى الله وَرَسُوْلَهُ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ (الفاتحة.....)
"Dan kepada kedua orang tua kami dan kamu semua khususnya, dan kepada kaum muslimin secara umum, semoga Allah swt mencurahkan bagi mereka rahmatNya, menempatkan mereka di surga dan semoga Allah swt menjaga kami dan mereka semua dari kejahatan orang-orang yang dhalim, orang-orang yang mengganggu dan orang-orang yang hasud serta semoga Allah swt memberikan kepada kita dan mereka semua apa-apa yang kita minta dalam keadaan diridhoi Allah swt dan Rasul-Nya saw."
23. اللَّهُمَّ إِنَّانَسْأَلُكَ رِضَاكَ وَالْجَنَّةَ وَنَعُوْذُ بِكَ مِنْ سَخَطِكَ وَالنَّارِ (3×)
"Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keridhaan-Mu dan surga, dan kami berlindung kepada-Mu dari kemurkaan-Mu dan neraka."(3x)
24. يَاعَالِمَ السِّرِّ مِنَّا لاَتَكْشِفِ السِّتْرَ عَنَّا وَعَافِنَا وَاعْفُ عَنَّا وَكُنْ لَنَا حَيْثُ كُنَّا (3×)
"Wahai Dzat Yang Maha Mengetahui sesuatu rahasia dari kami, janganlah Engkau buka aib cela kami, berilah kesehatan kepada kami, maafkanlah kesalahan kami dan jadilah pelindung bagi kami dimana saja kami berada."




الله الْكَافِى رَبُّنَا الْكَافِى قَصَدْنَا الْكَافِى وَجَدْنَا الْكَافِى لِكُلِّ نِ الْكَافِى كَفَانَا الْكَافِى وَنِعْمَ الْكَافِى الْحَمْدُ لله (7×)
"Allah Yang Maha Mencukupi,Tuhan kami Yang Maha Mencukupi,kami mengharap kepada Allah Yang Mencukupi, kami mendapati Allah Yang mencukupi, Yang Mencukupi segala sesuatu, Yang Mencukupi kami dan memberi kecukupan nikmat kepada kami, segala puji bagi Allah swt."(7x)




سورة الفاتحة....أَعُوْذُ بِالله السَّمِيْعِ الْعَلِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ (3×)
"Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui dari godaan syetan yang terkutuk."(3x)
1.لَوْأَنْزَلْنَاهَذَاالْقُرْآنَ عَلَىجَبَلٍ لَرَأَيْتَهُ خَاشِعًا مُتَصَدِّعًامِنْ خَشْيَةِ الله, وَتِلْكَ الأَمْثَالُ نَضْرِبُهَا لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُوْنَ.هُوَ الله الَّذِي لآ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ عَالِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ هُوَ الرَّحْمَنُ الرَّحِيْمُ. هُوَ الله الَّذِي لآ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْمَلِكُ الْقُدُّوْسُ السَّلاَمُ الْمُؤْمِنُ الْمُهَيْمِنُ الْعَزِيْزُ الْجَبَّارُالْمُتَكَبِّرُ,سُبْحَانَ الله عَمَّايُشْرِكُوْنَ.هُوَ الله الْخَالِقُ الْبَارِئُ الْمُصَوِّرُ لَهُ الأَسْمَآءُ الْحُسْنَى.يُسَبِّحُ لَهُ مَافِي السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ .
Kalau sekiranya Kami menurunkan Al-Qur’an ini kepada sebuah gunung, pasti kami akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan takut kepada Allah swt. Dan perumpamaan-perumpamaan itu Kami buat untuk manusia supaya mereka berfikir. Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang ghaib dan yang nyata. Dialah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia, Penguasa Yang Maha Suci. Yang Maha Sejahtera. Yang mengaruniakan Keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mah Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang Mempunyai Nama-Nama Yang Paling baik. Bertasbih kepada-Nya apa yang ada di langit dan di bumi. Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana."(QS Al-Haysr :21-24)
2.أَعُوْذُ بِالله السَّمِيْعِ الْعَلِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ (3×)
"Aku berlindung kepada Allah swt Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui dari godaan syetan yang terkutuk."(3x)
3.أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ الله التَّآمَّاتِ مِنْ شَرِّمَاخَلَقَ (3×)
"Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah Yang Sempurna dari kejahatan makhluk yang tercipta."(3x)
4.بِسْمِ الله الَّذِيْ لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْئٌ فِي الأَرْضِ وَلاَ فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ (3×)
"Dengan menyebut nama Allah Dzat Yang dengan nama-Nya tidak membahayakan segala sesuatu di muka bumi dan di langit. Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."(3x)
5.بِسْمِ الله الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ إِلاَّ بِالله الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ(10×)
"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Dan tidak ada daya dan kekuatan melainkan atas pertolongan dari Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung."(10x)
6.بِسْمِ الله الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ (3×)
"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang."(3x)
7.بِسْمِ الله تَحَصَّنَّا بِالله بِسْمِ الله تَوَكَّلْنَا عَلَى الله (3×)
"Dengan menyebut nama Allah, kami membentengi diri dengan nama Allah, dengan nama Allah kami bertawakkal kepada Allah swt."(3x)
8.بِسْمِ الله آمَنَّا بِالله وَمَنْ يُؤْمِنْ بِالله لاَ خَوْفٌ عَلَيْهِ (3×)
"Dengan menyebut nama Allah kami beriman kepada Allah, dan barangsiapa yang beriman kepada Allah, tidak ada ketakutan lagi atas dirinya."(3x)
9.سُبْحَانَ الله عَزَّ الله سَبْحَانَ الله جَلَّ الله (3×)
"Maha Suci Allah, Maha Mulia Allah, Maha Suci Allah dan Maha Agung Allah."(3x)
10.سُبْحَانَ الله وَبِحَمْدِهْ سُبْحَانَ الله الْعَظِيْمِ (3×)
"Maha Suci Allah dan dengan segala pujian kepada-Nya, Maha Suci Allah Yang Maha Agung." (3x)
11.سُبْحَانَ الله وَالْحَمْدُ لله وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَالله أَكْبَرُ (3×)
"Maha Suci Allah, segala puji hanya bagi Allah, tidak ada Tuhan yang hak disembah melainkan Allah dan Allah Maha Besar."(3x)
12.يَالَطِيْفًا بِخَلْقِهِ يَاعَلِيْمًا بِخَلْقِهِ يَاخَبِيْرًا بِخَلْقِهِ أُلْطُفْ بِنَا يَالَطِيْفُ يَاعَلِيْمُ يَاخَبِيْرُ (3×)
"Wahai Tuhan Yang Maha Lemah Lembut kepada makhluk-Nya, wahai Tuhan Yang Maha Mengetahui terhadap keadaan makhluk-Nya! Wahai Tuhan Yang Maha Mengamati kondisi makhluk-Nya! Berlemah-lembutlah kepada kami, wahai Yang Maha Lemah Lembut, wahai Yang Maha Mengetahui, wahai Yang Maha Mengamati!"(3x)
13.يَالَطِيْفًا لَمْ يَزَلْ أُلْطُفْ بِنَافِيْمَانَزَلْ إِنَّكْ لَطِيْفٌ لَمْ تَزَلْ أُلْطُفْ بِنَا وَالْمُسْلِمِيْنَ (3×)
"Wahai Dzat Yang senantiasa berlaku Lemah-Lembut! Berlemah-lembutlah terhadap kami dalam segala yang diturunkan (dari bala’ dan wabah). Sesungguhnya Engkau senantiasa berlaku lemah lembut, berlemah-lembutlah terhadap kami dan kaum muslimin."(3x)
14.لاَإِلَهَ إِلاَّ الله (40×) مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ الله صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
"Tidak ada Tuhan yang hak disembah melainkan Allah (40x) dan Muhammad saw adalah utusan Allah, semoga Allah swt mencurahkan sholawat dan salam kepadanya."
15.حَسْبُنَا الله وَنِعْمَ الْوَكِيْل (7×)
"Cukuplah Allah sebagai penolong kami dan sebaik-baik tempat berserah diri."(7x)
16.اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ (11×)
"Ya Allah, curahkanlah sholawat ke atas Nabi Muhammad saw, ya Allah curahkanlah sholawat dan salam kepadanya."(11x)
17.أَسْتَغْفِرُ الله (11×) تَائِبُوْنَ إِلَى الله (3×)
"Aku memohon ampunan kepada Allah swt (11x) dan kami bertaubat kepada Allah swt."(3x)
18.يَاالله بِهَا يَاالله بِهَا يَاالله بِحُسْنِ الْخَاتِمَةِ (3×)
"Ya Allah! Dengannya (taubat atau kalimat thayyibah), ya Allah! Dengannya (taubat atau kalimat thayyibah). Ya Allah! Matikanlah kami dalam keadaan husnul-khatimah (kesudahan yang baik)."(3x)
19.غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيْرُ لاَيُكَلِّفُ الله نَفْسًاإِلاَّ وُسْعَهَا لَهَا مَاكَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَااكْتَسَبَتْ, رَبَّنَا لاَتُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِيْنَا أَوْ أَخْطَأْنَا, رَبَّنَا وَلاَ تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا, رَبَّنَا وَلاَ تُحَمِّلْنَا مَالاَطَاقَةَ لَنَابِهِ, وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْلَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلاَنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِيْنَ .آمين
"Ampunilah kami wahai Tuhan kami dan kepada-Mulah tempat kembali. Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kemampuannya. Ia mendapatkan pahala (dari kebaikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dia lakukan. (Mereka berdoa):"Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau menghukum kami jika kami lupa atau kami berbuat salah. Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Berilah maaf kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkau Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir."(QS Al-Baqarah:286)





(وَلله الأَسْمَاءُ الْحُسْنَى فَادْعُوْهُ بِهَا):
يَاالله يَارَحْمَنُ يَارَحِيْم ُ يَامَلِكُ يَاقُدُّوْسُ
يَاسَلاَمُ يَامُؤْمِنُ يَامُهَيْمِنُ يَاعَزِيْزُ ياَجَبَّارُ
يَامُتَكَبِّرُ يَاخَالِقُ يَابَارِئْ يَامُصَوِّرْ يَاغَفَّار ْ
يَاقَهَّارْ يَاوَهَّابْ يَارَزَّاقْ يَافَتَّاحْ يَاعَلِيْم
يَا قَابِضْ يَابَاسِطْ يَاخَافِضْ يَارَافِعْ يَامُعِزُّ
يَامُذِلُّ يَاسَمِيْع يَابَصِيْر يَاحَكَمُ يَاعَدْلُ
يَالَطِيْف يَاخَبِيْر يَاحَلِيْم يَاعَظِيْم يَاغَفُوْر يَاشَكُوْر يَاعَلِيُّ يَاكَبِيْر يَاحَفِيْظْ يَامُقِيْتْ يَاحَسِيْبْ يَاجَلِيْل يَاكَرِيْم يَارَقِيْبْ يَامُجِيْبْ
يَاوَاسِعْ يَاحَكِيْم يَاوَدُوْد يَامَجِيْد يَابَاعِثْ يَاشَهِيْد ْ يَاحَقُّ يَاوَكِيْل يَاقَوِيُّ يَامَتِيْن يَاوَلِيّ ُ يَاحَمِيْد يَامُحْصِى يَامُبْدِئُ يَامُعِيْد
يَامُحْيِى يَامُمِيْت يَاحَيُّ يَاقَيُّوْم يَاوَاجِد ْ يَامَاجِدْ يَاوَاحِدْ يَاأَحَدْ يَاصَمَدْ يَاقَادِر ْ يَامُقْتَدِرْ يَامُقَدِّمْ يَامُؤَخِّرْ يَاأَوَّلْ يَاآخِرْ يَاظَاهِرْ يَابَاطِنْ يَاوَالِي يَامُتَعَال يَابَرُّ يَاتَوَّابْ يَامُنْتَقِمُ يَاعَفُوّ ُ يَارَؤُفْ يَامَالِكَ الْمُلْكِ يَاذَاالْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ يَامُقْسِطْ يَاجَامِعْ
يَاغَنِيُّ يَامُغْنِى يَامَانِعْ يَاضَآرّ يَانَافِعْ
يَانُوْر يَاهَادِى يَابَدِيْع يَابَاقِى يَاوَارِثْ يَارَشِيْد يَاصَبُوْر
(1). Ya Allah = Wahai Allah swt. (2) Ya Rahman = Wahai Dzat Yang Maha Pengasih, (3) Ya Rahiim = Wahai Dzat Yang Maha Penyayang, (4) Ya Maliku = Wahai Dzat Yang Maha Merajai, (5) Ya Quddus = Wahai Dzat Yang Maha Suci, (6) Ya Salaam = Wahai Dzat Yang Maha Memberi Keselamatan, (7) Ya Mu’min = Wahai Dzat Yang Maha Mengaruniakan Keamanan, (8) Ya Muhaimin = Wahai Dzat Yang Maha Memelihara, (9) Ya ‘Aziiz = Wahai Dzat Yang Maha Perkasa, (10) Ya Jabbar = Wahai Dzat Yang Maha Kuasa, (11) Ya Mutakabbir = Wahai Dzat Yang Maha Mempunyai Kebesaran, (12) Ya Khaaliq = Wahai Dzat Yang Maha Menciptakan, (13) Ya Baari’ = Wahai Dzat Yang Maha Melepaskan, (14) Ya Mushowwir = Wahai Dzat Yang Maha Membentuk Rupa Makhluk, (15) Ya Ghoffar = Wahai Dzat Yang Maha Pengampun, (16) Ya Qohhaar = Wahai Dzat Yang Maha Gagah, (17) Ya Wahhaab = Wahai Dzat Yang Maha Memberi, (18) Ya Rozzaaq = Wahai Dzat Yang Maha Memberi Rezeki, (19) Ya Fattaah = Wahai Dzat Yang Maha Membuka Pintu Rahmat , (20) Ya ‘Aliim = Wahai Dzat Yang Maha Mengetahui, (21) Ya Qaabidh = Wahai Dzat Yang Maha Menyempitkan Rezeki, (22) Ya Baasith = Wahai Dzat Yang Maha Melapangkan Rezeki, (23) Ya Khaafidh = Wahai Dzat Yang Maha Merendahkan Derajat, (24) Ya Raafi’ = Wahai Dzat Yang Maha Meninggikan Derajat, (25) Ya Mu’izzu = Wahai Dzat Yang Maha Memuliakan, (26) Ya Mudzillu = Wahai Dzat Yang Maha Menghinakan, (27) Ya Samii’ = Wahai Dzat Yang Maha Mendengar, (28) Ya Bashiir = Wahai Dzat Yang Maha Melihat, (29) Ya Hakam = Wahai Dzat Yang Maha Menetapkan Hukum, (30) Ya ‘Adlu = Wahai Dzat Yang Maha Adil, (31) Ya Lathiif = Wahai Dzat Yang Maha Lembut, (32) Ya Khabiir = Wahai Dzat Yang Maha Mewaspadai, (33) Ya Haliim = Wahai Dzat Yang Maha Penyantun, (34) Ya ‘Adhiim = Wahai Dzat Yang Maha Agung, (35) Ya Ghafuur = Wahai Dzat Yang Pengampun, (36) Ya Syakuur = Wahai Dzat Yang Maha Berterima kasih, (37) Ya ‘Aliyyu = Wahai Dzat Yang Maha Tinggi, (38) Ya Kabiir = Wahai Dzat Yang Maha Besar, (39) Ya Hafiidz = Wahai Dzat Yang Maha Memelihara, (40) Ya Muqiit = Wahai Dzat Yang Maha Memberi kekuatan, (41) Ya Hasiib = Wahai Dzat Yang Maha Menghitung, (42) Ya Jaliil = Wahai Dzat Yang Mempunyai Kebesaran, (43) Ya Kariim = Wahai Dzat Yang Maha Mulia, (44) Ya Raqiib = Wahai Dzat Yang Maha Mengintai, (45) Ya Mujiib = Wahai Dzat Yang Maha Mengabulkan, (46) Ya Waasi’ = Wahai Dzat Yang Maha Luas, (47) Ya Hakiim = Wahai Dzat Yang Maha Bijaksana, (48) Ya Waduud = Wahai Dzat Yang Maha Kasih, (49) Ya Majiid = Wahai Dzat Yang Maha Pemurah, (50) Ya Baaits = Wahai Dzat Yang Maha Membangkitkan, (51) Ya Syahiid = Wahai Dzat Yang Maha Menyaksikan, (52) Ya Haqqu = Wahai Dzat Yang Maha Benar, (53) Ya Wakiil = Wahai Dzat Yang Maha Memelihara, (54) Ya Qawiyyu = Wahai Dzat Yang Maha Kuat, (55) Ya Matiin = Wahai Dzat Yang Maha Kokoh , (56) Ya Waliyyu = Wahai Dzat Yang Maha Melindungi, (57) Ya Hamiid = wahai Dzat Yang Maha Terpuji, (58) Ya Muhshiyyu = Wahai Dzat Yang Maha Menghitung, (59) Ya Mubdi’u = Wahai Dzat Yang Maha Memulai, (60) Ya Mu’iid = Wahai Dzat Yang Maha Mengembalikan, (61) Ya Muhyii = Wahai Dzat Yang Maha Menghidupkan, (62) Ya Mumiitu = Wahai Dzat Yang Maha Mematikan, (63) Ya Hayyu = Wahai Dzat Yang Maha Hidup, (64) Ya Qayyuum = Wahai Dzat Yang Maha Berdiri sendiri, ( 65) Ya Waajid = Wahai Dzat Yang Maha Menemukan, (66) Ya Maajid = Wahai Dzat Yang Maha Mempunyai Kemurahan, (67) Ya Waahid = Wahai Dzat Yang Maha Esa, (68) Ya Shomad = Wahai Dzat Yang Menjadi Tempat Memohon, (69) Ya Qaadir = Wahai Dzat Yang Maha Kuasa, (70) Ya Muqtadir = Wahai Dzat Yang Sangat berkuasa, (71) Ya Muqaddim = Wahai Dzat Yang Maha Mendahului, (72) Ya Muakhkhir = Wahai Dzat Yang Mengakhirkan, (73) Ya Awwalu = Wahai Dzat Yang Maha Awal, (74) Ya Aakhir = Wahai Dzat Yang Maha Akhir, (75) Ya Dhaahir = Wahai Dzat Yang Nyata kekuasaan-Nya, (76) Ya Baathin = Wahai Dzat Yang Tidak Kelihatan Dzat-Nya, (77) Ya Waali = Wahai Dzat Yang Menguasai, (78) Ya Muta’aali = Wahai Dzat Yang Maha Tinggi, (79) Ya Baaru = Wahai Dzat Yang Maha Baik, (80) Ya Tawwaab = Wahai Dzat Yang Maha Penerima Taubat, (81) Ya Muntaqimu = Wahai Dzat Yang Maha Menjatuhkan siksaan, (82) Ya Afuwwu = Wahai Dzat Yang Maha Pemaaf, (83) Ya Rauuf = Wahai Dzat Yang Maha Belas Kasihan, (84) Ya Maalikul Mulk = Wahai Dzat Yang Memiliki Kerajaan, (85) Ya Dzal Jalaali wal-Ikraam = Wahai Dzat Yang Mempunyai Keagungan dan Kemuliaan, (86) Ya Muqsitu = Wahai Dzat Yang Maha Adil, (87) Ya Jaami’ = Wahai Dzat Yang Maha Mengumpulkan, (88)Ya Ghaniyyu = Wahai Dzat Yang Maha Kaya, (89) Ya Mughnii = Wahai Dzat Yang Maha Memberi Kekayaan, (90) Ya Maani’u = Wahai Dzat Yang Maha Menahan, (91) Ya Dloorru = Wahai Dzat Yang Maha Membahayakan, (92) Ya Naafi’u = Wahai Dzat Yang Memberi Manfaat, (93) Ya Nuur = Wahai Dzat Yang Maha Memberi Cahaya, ( 94) Ya Haadi = Wahai Dzat Yang Maha Memberi Petunjuk, (95) Ya Badii’u = Wahai Dzat Yang Maha Menciptakan, (96) Ya Baaqi = Wahai Dzat Yang Maha Kekal, (97) Ya Waarits = Wahai Dzat Yang Maha Mewarisi, (98) Ya Rasyiid = Wahai Dzat Yang Maha Memberi bimbingan, (99) Ya Shobuur = Wahai Dzat Yang Maha Penyabar.




اللَّهُمَّ إِنَّانَسْتَحْفِظُكَ وَنَسْتَوْدِعُكَ أَدْيَانَنَا وَأَنْفُسَنَاوَأَهْلَنَا وَأَوْلاَدَنَا وَأَمْوَالَنَا وَكُلَّ شَيْئٍ أَعْطَيْتَنَا. اللَّهُمَّ اجْعَلْنَا وَإِيَّاهُمْ فِي كَنَفِكَ وَأَمَانِكَ وَعِيَاذِكَ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ مَرِيْدٍ وَجَبَّارٍ عَنِيْدٍ وَذِى عَيْنٍ وَذِى بَغْيٍ وَمِنْ شَرِّكُلِّ ذِى شَرٍّ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ. اللَّهُمَّ جَمِّلْنَا بِالْعَافِيَةِ وَالسَّلاَمَةِ وَحَقِّقْنَا باِلتَّقْوَى وَالإِسْتِقَامَةِ, وَأَعِذْنَا مِنْ مُوْجِبَاتِ النَّدَامَةِ إِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاء. اللَّهُمَّ اغْفِرْلَنَا وَلِوَالِدِيْنَا وَأَوْلاَدِنَا وَمَشَايِخِنَا وَإِخْوَانِنَا فِي الدِّيْنِ وَأَصْحَابِنَا وَلِمَنْ أَحَبَّنَافِيْكَ وَلِمَنْ أَحْسَنَ إِلَيْنَا وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ. وَصَلِّ اللَّهُمَّ عَلَى عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ, وَارْزُقْنَاكَمَالَ الْمُتَابِعَةِ لَهُ ظَاهِرًا وَبَاطِنًا فِي عَافِيَةٍ وَسَلاَمَةٍ بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ
"YA Allah, sesungguhnya kami mohon pemelihraan-Mu dan kami menyerahkan kepada-Mu agama kami, diri kami, keluarga kami, anak-anak kami, harta-harta kami dan segala yang telah Engkau berikan kepada kami. Ya Allah!Jadikanlah kami dan juga mereka berada di dalam pemeliharaan-Mu, keamanan-Mu dan perlindungan-Mu dari setiap gangguan syetan pendurhaka, orang-orang takabur yang keras kepala, orang yang mempunyai pandangan jahat, kedhaliman dan dari pada kejahatan setiap orang yang mempunyai kejahatan. Sesungguhnya Engkau Maha Berkuasa atas segala sesuatu. YA Allah! Perindahkanlah kami dengan keselamatan dan kesejahteraan. Karuniakanlah kepada kami ketaqwaan dan istiqomah. Lindungilah kami dari perkara-perkara yang menyebabkan kami mendapat penyesalan. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar sesuatu doa. Ya Allah! Ampunilah dosa-dosa kami, kedua orang tua kami, anak-anak kami, guru-guru kami, saudara-saudara seagama kami, sahabat-sahabat karib kami, orang-orang yang mencintai kami karena Engkau, orang-orang yang pernah berbuat baik kepada kami, dari kaum mukminin dan mukminat, muslimin dan muslimat, wahai Tuhan yang mengatur alam semesta. Ya Allah, curahkanlah rahmat dan keselamatan! Kepada hamba-Mu dan utusan-Mu, junjungan kami dan tuan kami Nabi Muhammad saw, keluarganya dan para sahabatnya. Karuniakanlah kepada kami kesempurnaan mengikuti ajarannya, secara dhahir dan batin, di dalam kesejahteraan dan keselamatan dengan kasih sayang-Mu, wahai Tuhan Yang Maha Pengasih sebaik-baik yang mengasihi!"
Wirid dijauhkan dari kefakiran:
لاَإِلَهَ إِلاَّ الله الْمَلِكُ الْحَقُّ الْمُبِيْنُ (100×)
"Tidak ada Tuhan yang hak disembah melainkan Allah , Penguasa yang nyata kebenarannya."(100x)
Doa setelah membaca Surat Yasin 4x dengan niat tertentu:
سُبْحَانَ الْمُنَفِّسِ عَنْ كُلِّ مَدْيُوْنٍ
سُبْحَانَ الْمُفَرِّجِ عَنْ كُلِّ مَحْزُوْنٍ
سُبْحَانَ مَنْ جَعَلَ خَزَائِنَهُ بَيْنَ الْكَافِ وَالنُّوْنِ
سُبْحَانَ مَنْ إِذَا أَرَادَ شَيْئًا أَنْ يَقُوْلَ لَهُ كُنْ فَيَكُوْنَ
يَامُفَرِّجُ فَرِّجْ (3×) فَرِّجْ عَنَّا هَمَّنَا وَغَمَّنَا فَرَجًا عَاجِلاً بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى الله عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ
"Maha Suci Allah Yang menenggangkan dari setiap orang yang berhutang. Maha Suci Allah Yang melapangkan hati orang-orang yang sedih. Maha Suci Allah Yang menjadikan perbendaharaan antara huruf kaaf dan nuun. Maha Suci Allah Yang apabila berkehendak sesuatu maka berfirman:"Kun (jadilah), maka jadilah sesuatu itu. Wahai Dzat Yang melapangkan hati, lapangkanlah(3x). Lapangkanlah kesusahan/kesempitan kami dengan jalan keluar yang cepat dengan berkat rahmatMu, wahai Dzat Yang Maha Pengasih lagi Penyayang. Dan semoga Allah swt selalu mencurahkan salam sejahtera kepada Nabi Muhammad saw , keluarganya serta segenap sahabatnya."




بسم الله الرحمن الرحيم
_.وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَاهُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِيْنَ
_.وَيَشْفِ صُدُوْرَ قَوْمٍ مُؤْمِنِيْنَ
-.وَشِفَاءٌ لِمَا فِي الصُّدُوْرِ
-.قُلْ هُوَ لِلَّذِيْنَ آمَنُوْاهُدًى وَشِفَاء
-.وَإِذَامَرِضْتُ وَهُوَ يَشْفِيْنِ
-.فِيْهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ
"Dan Kami turunkan dengan berangsur-angsur dari Al-Qur’an ayat-ayat suci
yang menjadi obat penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman."
"Dan Dia mengobati hati-hati orang-orang yang beriman."
"Dan Al-Qur’an menjadi penawar bagi penyakit-penyakit batin yang ada di
dalam dada-dada kamu."
Katakanlah (wahai Muhammad): bahwa Al-Qur’an itu menjadi cahaya
petunjuk serta obat penawar bagi orang-orang yang beriman."
"Dan apabila aku (Nabi Ibrahim as) sakit, maka Dialah yang
menyembuhkan penyakitku."
"Yang mengandung obat penawar bagi manusia dari perbagai penyakit."






يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ إِرْحَمْنَا (2×) وَعَافِنَا وَاعْفُ عَنَّا وَعَلَى طَاعَتِكَ وَشُكْرِكَ أَعِنَّا وَعَلَى الإِسْلاَمِ وَالإِيْمَانِ الْكَامِلَيْنِ جَمْعًا تَوَفَّنَا.وَأَنْتَ رَاضٍ عَنَّا يَاحَيُّ يَاقّيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ الْوَاسِعَةِ بِجَاهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
"Wahai Dzat Yang Maha Pengasih, kasihanilah kami (2x), berilah kesehatan kepada kami, ampunilah kami dan bantulah kami untuk taat dan bersyukur serta matikanlah kami semua di atas jalan Islam dan Iman. Dan Engkau ridho kepada kami, wahai Dzat Yang Hidup dan Menghidupkan dengan rahmatMu yang luas dan dengan berkah junjungan kami, Nabi Muhammad saw."




1.مايقرأ قبل صلاة الإفتتاح:
-.الله أَكْبَرُ (10×) -.الْحَمْدُ لله (10×)
-.لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله (10×) -.أَسْتَغْفِرُ الله (10×)
-.اللَّهُمَّ اغْفِرْلِى وَاهْدِنِى وَارْزُقْنِى (10×)
"Ya Allah, ampunilah aku, berilah petunjuk kepadaku dan berilah rezeki kepadaku."(10x)
-.اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنْ ضِيْقِ الدُّنْيَا وَضِيْقِ الْقِيَامَةِ(10×)
"Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari kesempitan dunia dan kesempitan Hari Kiamat."(10x)
2.صلاة الإفتتاح : Sholat Iftitah dua roka’at
3.صلاة التهجد : Sholat Tahajud
Bacaan Pada waktu sujud Qiyamul Lail:
اللَّهُمَّ اجْعَلْ فِي قَلْبِى نُوْرًا وَفِي سَمْعِى نُوْرًا وَفِي بَصَرِى نُوْرًا وَعَنْ يَمِيْنِى نُوْرًا وَتَحْتِى نُوْرًا وَاجْعَلْنِى نُوْرًا
"Ya Allah, jadikanlah di dalam hatiku cahaya, dalam pendengaranku suatu cahaya, dalam pandanganku suatu cahaya, dari arah kananku suatu cahaya dan dari arah bawahku suatu cahaya penerang. Dan jadikanlah aku penerang."
4. صلاة الوتر : Sholat Witir 3 roka’at
a).Langsung 3 roka’at:
Roka’at I : Al-Fatihah + ………سَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الأَعْلَى
Roka’at II: Al-Fatihah +………… قُلْ يَاأَيُّهَاالْكَافِرُوْنَ
Roka’at III: Al-Fatihah +………………قُلْ هُوَ الله أَحَدٌ.
b).2 roka’at salam dan 1 roka’at salam.




-.سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوْسِ (3×)
-.سُبُّوْحٌ قُدُّوْسٌ رَبُّنَا وَرَبُّ الْمَلاَئِكَةِ وَالرُّوْحِ (3×)
-.اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ وَأَعُوْذُ بِمُعَافَاتِكَ مِنْ عُقُوْبَتِكَ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْكَ لاَأُحْصِى ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ
"Maha Suci Allah Raja Yang Maha Suci (3x). Maha Suci Allah Tuhan kami, Tuhan malaikat dan Tuhan segenap ruh (3x). Ya Allah, aku berlindung dengan berkat ridhoMu dari kemurkaanMu dan aku berlindung dengan berkat ampunanMu dari siksaanMu, dan aku berlindung kepadaMu dari kemurkaanMu, aku tidak mampu untuk menghitung pujian-pujianMu, Engkaulah Dzat sebagaimana Engkau memuji diriMu sendiri."










1.ماشاء الله لا قوة إلا بالله (100×)
"Apa saja yang dikehendaki oleh Allah, tidak ada kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah swt."(100x)
2.حَسْبُنَا الله وَنِعْمَ الْوَكِيْل (450×)
"Cukuplah Allah sebagai pelindung kami, dan Dia sebaik-baik tempat berlindung."(450x)
3.يَالَطِيْفُ (129×)
"Wahai Dzat Yang Maha Lembut" (129x)
4.يَالَطِيْفًابِخَلْقِهِ يَاعَلِيْمًابِخَلْقِهِ يَاخَبِيْرًابِخَلْقِهِ أُلْطُفْ بِنَايَالَطِيْفُ يَاعَلِيْمُ يَاخَبِيْر(3×)
"Wahai Dzat Yang Maha Lembut kepada makhluk-Nya! Wahai Dzat Yang Maha Mengetahui keadaan makhluk-Nya! Wahai Dzat Yang Maha Mengawasi keadaan Makhluk-Nya! Berlemah-lembutlah terhadap kami, wahai Dzat Yang Maha Lembut, Dzat Yang Maha Mengetahui , wahai Dzat Yang Maha Mengawasi!"
5.يَالَطِيْفًا لَمْ يَزَلْ أُلْطُفْ بِنَافِيْمَانَزَلْ إِنَّكَ لَطِيْفٌ لَمْ تَزَلْ أُلْطُفْ بِنَاوَالْمُسْلِمِيْنَ (3×)
"Wahai Tuhan Yang senantiasa berlaku Lemah-Lembut! Berlemah-lembutlah kepada kami dalam segala yang diturunkan (dari bala’ dan wabah).Sesungguhnya Engkau senantiasa berlaku lemah-lembut, maka berlemah-lembutlah kepada kami dan seluruh kaum muslimin."(3x)
6.لاَإِلَهَ إِلاَّ الله مُحَمَّدْ رَسُوْلُ الله فِي كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ عَدَدَمَاوَسِعَهُ عِلْمُ الله (3×)
Kalimat LAA ILAAHA ILLALLAH MUHAMMAD RASULULLAH dalam setiap desahan nafas dan hitungan luasnya ilmu Allah swt.(3x)
7.رَبِّ اشْرَحْ لِى صَدْرِي وَيَسِّرْلِى أَمْرِى وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِى يَفْقَهُوْا قَوْلِى (7×)
" Wahai Tuhanku, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah urusanku, lancarkanlah pembicaraanku sehingga mereka memahami ucapanku."(7x)
8.يَافَتَّاحْ يَاعَلِيْم (11×)
"Wahai Dzat Yang Maha Membuka! Wahai Tuhan Dzat Yang Maha Mengetahui! (11x)
9.رَبَّنَاإِنَّكَ جَامِعُ النَّاسِ لِيَوْمٍ لاَرَيْبَ فِيْهِ إِنَّ الله لاَيُخْلِفُ الْمِيْعَاد(7×)
"Wahai Tuhan kami, sesungguhnya Engkau mengumpulkan manusia pada hari yang tidak ada keraguan di dalamnya. Sesungguhnya Allah swt tidak akan menyalahi janji-Nya."(7x)
10.أَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِأَصْحَابِ الْفِيْلِ, أَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِي تَضْلِيْلٍ, وَأَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا أَبَابِيْلَ (تَرْمِيْهِمْ 11× Tanpa nafas) بِحِجَارَةٍ مِنْ سِجِّيْلٍ فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَأْكُوْلٍ (7×)
"Apakah kalian tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah berbuat terhadap tentara bergajah? Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan Ka’bah) itu sia-sia? Dan Dia mengirimkan kepada mereka burung-burung yang berbondong-bondong, yang melempari mereka (11x) dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar, lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat)"
11.رَبَّنَاافْتَحْ بَيْنَنَا وَبَيْنَ قَوْمِنَا بِالْحَقِّ وَأَنْتَ خَيْرُ الْفَاتِحِيْنَ(7×)
"Wahai Tuhan kami, bukakanlah antara kami dan kaum kami dengan kebenaran. Dan Engkaulah sebaik-baik Dzat Yang Membuka."(7x)
12.اللَّهُمَّ اهْدِ قَوْمِى فَإِنَّهُمْ لاَيَعْلَمُوْنَ (7×)
"Ya Allah, berikanlah petunjuk kepada kaum kami, karena sesungguhnya mereka tidak mengetahui."(7x)
13.رَبَّنَا أَخْرِجْنَا مِنْ هَذِهِ الْقَرْيَةِ الظَّالِمِ أَهْلُهَا وَاجْعَلْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ وَلِيًّا وَاجْعَلْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ نَصِيْرًا (7×)
"Wahai Tuhan kami, keluarkanlah kami dari negeri ini (Mekkah) yang dhalim penduduknya dan berilah kami pelindung dari sisi Engkau, dan berilah kami penolong dari sisi Engkau."(7x)



اللَّهُمَّ إِنِّى احْتَطْتُ بِدَرْبِ الله طُوْلُهُ مَاشَاءَ الله قُفْلُهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله بَابُهُ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ الله صَلَّى الله عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ أَحَاطَ بِنَا مِنْ بِسْمِ الله الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ, الْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمِيْنَ, الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ, مَالِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ,إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ, إِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ, صِرَاطَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّآلِّيْنَ ( سور 3×)
"Ya Allah, sesungguhnya aku telah meletakkan diriku di dalam kubu Allah, tiangnya adalah kalimat MAASYAA ALLAH (apa yang dikehendaki oleh Allah); kuncinya adalah kalimat LAA ILAAHA ILLALLAH (Tiada Tuhan yang hak disembah selain Allah swt);pintunya adalah kalimat MUHAMMADUR RASUULLAH ( Muhammad saw adalah utusan Allah swt)-semoga Allah mencurahkan rahmat dan kesejahteraan ke atasnya dan keluarganya; telah meliputi kami dengan kemuliaan Surat Al-Fatihah.( Pagarilah kami 3x)"
Isyarat dengan telunjuk seperti memagari dirinya atau sesuatu yang dikehendaki.
الله لاَإِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ, لاَتَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَنَوْمٌ, لَهُ مَافِي السَّمَوَاتِ وَمَافِي الأَرْضِ, مَنْ ذَاالَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلاَّ بِإِذْنِهِ, يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيْهِمْ وَمَاخَلْفَهُمْ, وَلاَيُحِيْطُوْنَ بِشَيْئٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَاشَاءْ, وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ وَلاَ يَؤُوْدُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ-
"Allah, tiada Tuhan yang hak disembah melainkan Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Mengurus terus menerus (makhluk-Nya). Tidak mengantuk dan tidak pula tidur. Kepunyaan-Nya apa yang ada di langit dan di bumi. Siapakah yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa idzin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang dihadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar."
بِنَا اسْتَدَارَتْ كَمَا اسْتَدَارَتِ الْمَلاَئِكَةُ بِمَدِيْنَةِ الرَّسُوْلِ بِلاَ خَنْدَقٍ وَلاَ سُوْرٍ مِنْ كُلِّ قَدَرٍ مَقْدُوْرٍ وَحَذَرٍ مَحْذُوْرٍ وَمِنْ جَمِيْعِ السُّرُوْرِ (تَتَرَسْنَا بِالله 3×)
"Para malaikat telah mengawal mengelilingi kami, sebagaimana para malaikat telah mengelilingi kota Madinah Rasul tanpa parit dan pagar dari segala ketentuan yang telah ditetapkan, segala ancaman yang mengancam dan dari segala kejahatan."(kami berperisai dengan perisai Allah 3x)
مِنْ عَدُوِّى وَعَدُوِّ الله مِنْ سَاقِ عَرْشِ الله إِلَى قَاعِ أَرْضِ الله صُنْعَتُهُ لاَ تَنْقَطِعُ بِأَلْفِ أَلْفِ أَلْفِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِالله الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ, عَزِيْمَتُهُ لاَ تَنْشَقُّ بِأَلْفِ أَلْفِ أَلْفِ لاَحَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِالله الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ,
"Dari musuh-musuh kami dan musuh Allah, dari dasar Arsy Allah hingga ke dasar bumi Allah dengan kemuliaan satu milyar kalimat LAA HAULA WALAA QUWWATA ILLAA BILLAAHIL-‘ALIYYIL ‘ADZIIM,(perisai) ciptaan-Nya yang tidak pernah terputus dengan kemuliaan satu milyar kalimat LAA HAULA WALAA QUWWATA ILLAA BILLAAHIL-‘ALIYYIL ‘ADZIIM,
اللَّهُمَّ إِنْ أَحَدٌ أَرَادَنِى بِسُوْءٍ مِنَ الْجِنِّ وَالإِنْسِ وَالْوُحُوْشِ مِنْ بَشَرٍ أَوْ شَيْطَانٍ أَوْ وَسْوَاسٍ فَارْدُدْهُمْ فِي انْتِكَاسٍ وَقُلُوْبُهُمْ فِي وَسْوَاسٍ وَأَيْدِيَهُمْ فِي إِفْلاَسٍ وَأَوْبِقْهُمْ مِنَ الرِّجْلِ إِلَى الرَّأْسِ لاَ سَهْلَ يَجْدَعْ وَلاَ جَبَلَ يَقْطَعْ بِأَلْفِ أَلْفِ أَلْفِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِالله الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ, وَصَلَّى الله عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ .
"Ya Allah, sekiranya seseorang ingin melakukan kejahatan kepada diriku, baik dari golongan Jin, manusia, binatang-binatang buas, baik dari kalangan manusia atau syetan atau penguasa atau iblis yang berbisik-bisik di dalam hati manusia, maka cegahlah kejahatan mereka itu dengan membalikkan perbuatan mereka kepada mereka kembali, hati-hati mereka menjadi was-was dan tangan-tangan mereka menjadi rugi (yang dilakukannya tidak berhasil) Engkau binasakan mereka dari ujung kaki hingga ujung kepala. Tidaklah tanah yang rata dapat mereka lewati dan gunung-gunung yang tinggi dapat mereka lintasi dengan satu milyar kalimat LAA HAULAA WALAA QUWWATA ILLAA BILLAAHIL ‘ALIYYIL ‘ADZIIM. Semoga Allah swt mencurahkan rahmat dan kesejahteraan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad saw, keluarganya dan para sahabatnya."



بِسْمِ الله الْلأَكْبَرْ وَهُوَ حِرْزٌ مَانِعٌ مِمَّا أَخَافُ وَأَحْذَرْ لاَ قُدْرَةَ لِمَخْلُوْقٍ مَعَ قُدْرَةِ الْخَالِقِ يُلْجِمُهُمْ بِلِجَامِ قُدْرَتِهِ أَحْمِى حَمِيْسَى أَطْمِى طَمِيْسَى وَكَانَ الله قَوِيًّا عَزِيْزًا. حمعسق حِمَايَتُنَا-كهيعص كِفَايَتُنَا-فَسَيَكْفِيْكَهُمُ الله وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ وَلاَحَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِالله الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ, وَصَلَّى الله عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا (7×)
"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Besar, dan Dia adalah benteng yang mencegah dari segala yang aku takuti dan aku khawatirkan. Tidak ada kekuatan bagi makhluk-Nya bersama dengan kekuasaan Pencipta.Dia mengekang dengan kekangan Kekuasaan-Nya. Aku berlindung kepada Allah swt dan Allah Maha Kuat lagi Perkasa. Haa Miim Siin Qaaf, penjaga kami. Kaaf Haa Yaa ‘Aiin Shaad pencukup hati kami, niscaya Allah swt akan mencukupi gangguan mereka kepadaMu, dan Dia Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.Dan tidak ada daya dan kekuatan melainkan hanya dari Allah swt Yang Maha Mulia lagi Maha Agung. Semoga salam sejahtera selalu tercurah kepada junjungan kami, Nabi Muhammad saw, keluarganya, dan segenap sahabatnya."



اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةً تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الأَهْوَالِ وَالآفَاتِ وَتَقْضِى لَنَا بِهَا جَمِيْعِ الْحَاجَاتِ وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ أَعْلَى الدَّرَجَاتِ وَتُبَلِّغُنَا بِهَا أَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِي الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا(7×)
"Ya Allah, curahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw yang dengannya (sholawat), Engkau menyelamatkan kami dari segala huru-hara dan kerusakan, dengannya juga Engkau tunaikan segala hajat keperluan kami, Engkau bersihkan kami dari pada segala kejelekan, Engkau mengangkat kami kepada setinggi-tinggi derajat di sisi-Mu dan Engkau menyampaikan kami kepada tujuan yang paling sempurna dari pada segala kebaikan semasa hidup kami dan selepas mati. Limpahkanlah juga rahmat kepada keluarganya dan pada sahabatnya, dan keselamatan yang melimpah ruah kepada mereka."
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةً تُنَجِّى بِهَا [....] مِنْ جَمِيْع الأَهْوَالِ وَالآفَاتِ وَتَقْضِى لَهُ بِهَا جَمِيْعِ الْحَاجَاتِ وَتُطَهِّرُهُ بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ وَتَرْفَعُهُ بِهَا عِنْدَكَ أَعْلَى الدَّرَجَاتِ وَتُبَلِّغُهُ بِهَا أَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِي الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا (7×)

اللَّهُمَّ صَلِّ صَلاَةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَمًا تَامًّا عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِنِ الَّذِي تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِي كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ (7×)
"Ya Allah, curahkanlah rahmat yang sempurna dan cucurilah kesejahteraan yang sempurna kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw, yang dengannya terurai segala kebuntuan, terlepas segala kesusahan, terlaksana segala keperluan, tercapai segala keinginan, dikaruniakan husnul khatimah (kesudahan yang baik) dan diharapkan turunnya hujan dengan keberkahan wajahnya yang mulia. Curahkanlah rahmat dan keselamatan yang sempurna juga kepada para ahli keluarganya dan para sahabatnya pada setiap kerlipan mata dan nafas sebanyak bilangan pengetahuan yang Engkau miliki."
-.حَسْبِي رَبِّى جَلَّ الله مَافِي قَلْبِى إِلاَّ الله عَلَى الْهَادِى صَلَّى الله ( لاَإِلَهَ إِلاَّ الله 3×) مُحَمَّدْ رَسُوْلُ الله عَلَيْهِ صَلاَةُ الله (3×)
"Cukup bagiku Allah Yang Maha Agung sebagai penolong, tiada terlintas di dalam hatiku selain-Nya dan semoga Allah swt mencurahkan rahmat kepada al-hadi ,Muhammad saw ( Tidak ada Tuhan selain Allah swt 3x) Nabi Muhammad saw utusan Allah, semoga salam sejahtera selalu tercurah kepadanya (3x)
-.يَاعَالِمَ السِّرِّ مِنَّا لاَتَكْشِفِ السِّتْرَ عَنَّا وَعَافِنَا وَاعْفُ عَنَّا وَكُنْ لَنَا حَيْثُ كُنَّا(3×)
"Wahai Dzat Yang Mengetahui rahasia-rahasia kami, janganlah Engkau buka aib cela kami, berikanlah kesehatan dan ampunan kepada kami, serta jagalag kami dimanapun kami berada." (3x)
-.يَارَبِّ بِالْمُصْطَفَى بَلِّغْ مَقَاصِدَنَا, وَاغْفِرْ لَنَا مَامَضَى يَاوَاسِعَ الْكَرَمِ(3×)
"Wahai Tuhanku, demi nama al-musthofa(Nabi Muhammad saw), sampaikanlah kami kepada tujuan kami, ampunilah dosa-dosa kami yang telah lampau, wahai Dzat Yang Maha Pemurah." (3x)
-. الله الله إِرْحَمْنَا-أَنْتَ مَوْلاَنَا, الله الله وَاقْبَلْنَا-مَالَنَا غَيْرُكَ (3×)
"Ya Allah, ya Allah rahmatilah kami, Engkaulah Tuan kami. Ya Allah, ya Allah kabulkanlah doa kami, sunguh kami tiada punya siapa-siapa lagi selain Engkau." (3x)


-.اللَّهُمَّ رِبِّ جِبْرِيْلَ وَإِسْرَافِيْلَ وَمِيْكَائِيْلَ وَمُحَمَّدٍ النَّبِيِّ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ النَّارِ
"Ya Allah, Tuhan Jibril, Tuhan Isrofil, Tuhan Mikail, dan Tuhan Muhammad saw, aku berlindung kepada-Mu dari siksa api neraka."
_.سُبْحَانَ الله وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ الله الْعَظِيْمِ أَسْتَغْفِرُالله(100×)
"Maha Suci Allah dan Maha Terpuji, Maha Suci Allah Yang Maha Agung, aku memohon ampun kepada Allah swt."(100x)
-.لاَإِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ يَاحَيُّ يَاقَيُّوْمُ (40×)
"Tidak ada Tuhan selain Engkau, wahai Dzat Yang Maha Hidup lagi Maha Menghidupkan."(40x)
_.يَاحَيُّ يَاقَيُّوْمُ أَحْيِ الْقُلُوْب فَتَحْيَ وَأَصْلِحْ لَنَا الأَعْمَالَ فِي الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا (7×)
"Wahai Dzat Yang Maha Hidup , wahai Dzat Yang Maha Menghidupkan, hidupkanlah hati kami, dan perbaikilah amal-amal kami di dunia dan akhirat."(7x)



أَفْضَلُ الذِّكْرِ فَاعْلَمْ أَنَّهُ :
1.لاَإِلَهَ إِلاَّ الله (100×)
"Tidak ada Tuhan Yang Hak disembah selain Allah swt" (100x)
2. الله (100×)
"Ya Allah (100x)
3.صَلَّى الله عَلَى النَّبِيِّ مُحَمَّدْ (100×)
"Semoga Allah swt mencurahkan rahmat kepada Nabi Muhammad saw"(100x)
4. حَسْبُنَا الله وَنِعْمَ الْوَكِيْلِ (450×)
"Cukuplah bagi kami Allah sebagai pelindung" (450x)
5. يَالَطِيْفُ (129×)
"Wahai Dzat Yang Maha Lembut" (129x)
6. يَالَطِيْفًا بِخَلْقِهِ يَاعَلِيْمًا بِخَلْقِهِ يَاخَبِيْرًا بِخَلْقِهِ أُلْطُفْ بِنَا يَالَطِيْفُ يَاعَلِيْمُ يَاخَبِيْرُ(3×)
"Wahai Dzat Yang Maha Lembut kepada segenap makhluk-Nya, wahai Dzat Yang Maha Mengetahui kepada segenap makhluk-Nya, wahai Dzat Yang Maha Mengawasi kepada segenap makhluk-Nya, berbuat lembutlah (kasihani) kepada kami wahai Yang Maha Lembut, wahai Yang Maha Mengetahui ,wahai Yang Maha Mengawasi."(3x)
7. يَالَطِيْفًا لَمْ يَزَلْ أُلْطُفْ بِنَا فِيْمَا نَزَلْ إِنَّكَ لَطِيْفٌ لَمْ تَزَلْ أُلْطُفْ بِنَا وَالْمُسْلِمِيْنَ(3×)
"Wahai Yang Maha Lemah Lembut, selamatkanlah kami dari musibah-musibah yang turun, sesungguhnya Engkau Dzat Yang Maha Lembut, berbuat lemah lembutlah kepada kami dan kaum muslimin" (3x)
8.لاَإِلَهَ إِلاَّ الله مُحَمَّدْرَسُوْلُ الله فِي كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ عَدَدَمَاوَسِعَهُ عِلْمُ الله(4×)
"Tidak ada Tuhan Yang Hak disembah selain Allah dan Muhammad saw adalah utusan Allah, dalam setiap desah nafas dan hitungan segala sesuatu yang diketahui oleh Allah swt"(3x)
9. حَسْبِى رَبِّى جَلَّ الله مَافِي قَلْبِى إِلاَّ الله عَلَى الْهَادِى صَلَّى الله (لاَإِلَهَ إِلاَّ الله 3×) مُحَمَّدْ رَسُوْلُ الله عَلَيْهِ صَلاَةُ الله (3×)
"Cukup bagiku Allah Yang Maha Agung sebagai penolong, tiada terlintas di dalam hatiku selain-Nya dan semoga Allah swt mencurahkan rahmat kepada al-hadi ,Muhammad saw ( Tidak ada Tuhan selain Allah swt 3x) Nabi Muhammad saw utusan Allah, semoga salam sejahtera selalu tercurah kepadanya" (3x)
10.يَاعَالِمَ السِّرِّ مِنَّا لاَتَكْشِفِ السِّتْرَ عَنَّا وَعَافِنَا وَاعْفُ عَنَّا وَكُنْ لَنَا حَيْثُ كُنَّا(3×)
""Wahai Dzat Yang Mengetahui rahasia-rahasia kami, janganlah Engkau buka aib cela kami, berikanlah kesehatan dan ampunan kepada kami, serta jagalah kami dimanapun kami berada." (3x)
11. يَارَبِّ بِالْمُصْطَفَى بَلِّغْ مَقَاصِدَنَا,وَاغْفِرْلَنَا مَامَضَىيَاوَاسِعَ الْكَرَم(ِ7×)
""Wahai Tuhanku, demi nama al-musthofa, sampaikanlah kami kepada tujuan kami, ampunilah dosa-dosa kami yang telah lampau, wahai Dzat Yang Maha Pemurah." (3x
12. الله الله إِرْحَمْنَا-أَنْتَ مَوْلاَنَا , الله الله وَاقْبَلْنَا-مَالَنَا غَيْرُكَ (3×)
""Ya Allah, ya Allah rahmatilah kami, Engkaulah Tuan kami. Ya Allah, ya Allah kabulkanlah doa kami, sunguh kami tiada punya siapa-siapa lagi selain Engkau." (3x
13.سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمِيْنَ
"Maha Suci Engkau ya Allah, Tuhan Yang Maha Mulia dari segala yang mereka(orang-orang kafir) tuduhkan, salam sejahtera semoga tercurah kepada segenap utusan dan segala puji hanya bagi Allah swt"


كَلاَمٌ قَدِيْمٌ لاَ يُمَلُّ سَمَاعُهُ
KALAAMUN QODIIMUN LAAYUMALLU SAMAA'UHU
" Kalam Allah yang tidak pernah bosan untuk mendengarnya"
تَنَزَّهَ عَنْ قَوْلٍ وَفِعْلٍ وَنِيَّةٍ
" TANAZZAHA 'AN QOULIN WAFI'LIN WANIYYATIN
"Disucikan dari perkataan, perbuatan, bahkan niat yang jelek,
بِهِ أَشْتَفِيْ مِنْ كُلِّ دَاءٍ وَنُوْرُهُ
" BIHII ASYTAFII MIN KULLI DAA'IN WANUURUHUU
Dengan berkahnya aku memohon kesembuhan dari segala penyakit,
دَلِيْلٌ لِقَلْبِيْ عِنْدَ جَهْلِيْ وَحَيْرَتِيْ
DALIILUN LIQOLBII 'INDA JAHLII WA_HAIROTII
Cahayanya menerangi hatiku dikala aku bodoh dan bingung,

فَيَارَبِّ مَتِّعْنِيْ بِسِرِّ حُرُوْفِهِ
FAYAA ROBBI MATTI'NII BISIRRI _HURUUFIHII
Ya Allah, hiasilah aku dengan rahasia-rahasia hurufnya,
وَنَوِّرْ بِهِ سَمْعِيْ وَقَلْبِيْ وَمُقْلَتِيْ
WANAWWIR BIHII SAM'II WAQOLBII WAMUQLATII
Limpahkanlah cahaya kepada pendengaran hati dan mataku dengan berkatnya,
وَهَبْ لِيْ بِهِ فَتْحًاوَعِلْمًاوَحِكْمَةً
WAHBLII BIHII FAT_HAN WA'ILMAN WA_HIKMATAN
Anugerahkanlah kepadaku kegembiraan, ilmu dan hikmah,
وَآنِسْ بِهِ يَارَبِّ فِي الْقَبْرِ وَحْشَتيْ
WA AANIS BIHII YAAROBBI FILQOBRI WA_HSYATII
Jadikanlah ia penghibur di dalam kuburku dan kegalauanku,
وَصَلِّ وَسَلِّمْ كُلَّ يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ
WASHOLLI WASALLIM KULLA YAUMIN WALAILATIN
Salam sejahtera tiap hari dan tiap malam.

عَلَى مَنْ بِهِ الرَّحْمَنُ يَقْبَلُ تَوْبَتِيْ
ALAAMAN BIHIR-RO_HMAANU YAQBALU TAUBATII
Semoga tercurah kepada seorang manusia yang karenanya Allah Menerima taubatku

وَآلٍ وَأَصْحَابٍ كِرَامِ أَئِمَّةٍ
WA AALIN WA ASH_HAABIN KIROOMI AIMMATIN
Juga kepada keluarga dan para sahabatnya, paling mulianya ummat,

بِهِمْ يَغْفِرُ الْغَفَّارُ ذَنْبِى وَزَلَّتِى
BIHIM YAGHFIRUL-GHOFFAARU DZANBII WAZALLATII
Semoga dengan berkah mereka Alloh mengampuni dosa-dosa dan kesalahanku

كَلاَمٌ قَدِيْمٌ لاَ يُمَلُّ سَمَاعُهُ تَنَزَّهَ عَنْ قَوْلٍ وَفِعْلٍ وَنِيَّةٍ
بِهِ أَشْتَفِىمِنْ كُلِّ دَاءٍ وَنُوْرُهُ دَلِيْلٌ لِقَلْبِى عِنْدَ جَهْلِى وَحَيْرَتِى
فَيَارَبِّ مَتِّعْنِى بِسِرِّ حُرُوْفِهِ وَنَوِّرْ بِهِ سَمْعِى وَقَلْبِى وَمُقْلَتِى
وَهَبْ لِى بِهِ فَتْحًاوَعِلْمًاوَحِكْمَةً وَآنِسْ بِهِ يَارَبِّ فِي الْقَبْرِ وَحْشَتى
وَصَلِّ وَسَلِّمْ كُلَّ يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ عَلَى مَنْ بِهِ الرَّحْمَنُ يَقْبَلُ تَوْبَتِى
وَآلٍ وَأَصْحَابٍ كِرَامِ أَئِمَّةٍ بِهِمْ يَغْفِرُ الْغَفَّارُ ذَنْبِى وَزَلَّتِى
" Kalam Allah yang tidak pernah bosan untuk mendengarnya"
"Disucikan dari perkataan, perbuatan, bahkan niat yang jelek,
Dengan berkahnya aku memohon kesembuhan dari segala penyakit,
Cahayanya menerangi hatiku dikala aku bodoh dan bingung,
Ya Allah, hiasilah aku dengan rahasia-rahasia hurufnya,
Limpahkanlah cahaya kepada pendengaran hati dan mataku dengan berkatnya,
Anugerahkanlah kepadaku kegembiraan, ilmu dan hikmah,
Jadikanlah ia penghibur di dalam kuburku dan kegalauanku,
Salam sejahtera tiap hari dan tiap malam.
Semoga tercurah kepada seorang manusia yang karenanya Allah swt
mengabulkan taubatku,
Juga kepada keluarga dan para sahabatnya,
Semoga dengan berkah mereka Allah swt mengampuni dosa-dosa dan
kesalahanku.














يَارَبَّنَا اعْتَرَفْنَا بِأَنَّنَا اقْتَرَفْنَا
وَأَنَّنَا أَسْرَفْنَا عَلَى لَظَى أَشْرَفْنَا
فَتُبْ عَلَيْنَا تَوْبَةً تَغْسِلْ لِكُلِّ حَوْبَةْ
وَاسْتُرْ لَنَا الْعَوْرَاتِ وَآمِنِ الرَّوْعَاتِ
وَاغْفِرْ لِوَالِدِيْنَا رَبِّ وَمَوْلُوْدِيْنَا
وَالآلِ وَالإِخْوَانِ وَسَائِرِ الْخِلاَنِ
وَكُلِّ ذِى مَحَبَّةْ أَوْجِيْرَةٍ أَْ ُصُحْبَةْ
وَالْمُسْلِمِيْنَ أَجْمَعْ آمِيْنَ رَبِّ أَسْمَعْ
فَضْلاً وَجُوْدًا مِنَّا لاَ بِاكْتِسَابِ مِنَّا
بِالْمُصْطَفَىالرَّسُوْلِ نَحْظَى بِكُلِّ سُوْلِ
صَلَّى وَسَلَّمْ رَبِّى عَلَيْهِ عَدَّ الْحَبِّ
وَآلِهِ وَالصَّحْبِ عَدَدَ طَشِّ السُّحْبِ
وَالْحَمْدُ لِلإِلَهِ فِي الْبَءْ ِوَالتَّنَاهِى
"Ya Allah, kami mengaku-bahwa kami telah melakukan perbuatan dosa.
"Kami telah melampaui batas-sungguh kami sangat dekat dengan neraka.
"Berilah taubat kepada kami-sehingga sirna segala dosa-dosa kami.
"Tutupilah segala aib cela kami-amankanlah kami dari hal-hal yang kami
takuti.
"Ampunilah kedua orang tua kami-dan juga anak-anak kami.
"Keluarga dan saudara-saudara kami-dan segenap kawan-kawan kami.
"Juga orang yang kami cintai dan mencintai kami-ya Allah kabulkanlah dan
dengarkanlah doa kami.
"Keutamaan-keutamaan dari kami-bukanlah murni hasil kerja kami.
"Dengan sebab al-musthofa utusan Allah-kami mendapat segala yang kami
ingini.
"Semoga salam sejahtera dari Allah-selalu tercurah kepadanya, sejumlah
biji-bijian,
"Juga kepada keluarga dan sahabatnya-sebanyak tetesan hujan.
"Segala puji hanya bagi Allah-dalam permulaan dan akhirnya.









نَحْنُ الإِسْلاَمُ رَبَّنَا نَحْنُ فِي الله إِخْوَانًا
عَلَى دَرْبِ الْهَادِى سِرْنَا فِي ظِلِّ الْقُرْآنْ مَأْوَانًا
نَحْنُ الإِسْلاَمْ نَحْمِيْهِ باِلرُّوْحِ وَالْمَالِ نَفْدِيْهِ
نُعَادِى مَنْ يُعَادِيْهِ حَتَّى لَوْ كَانْ أَبَانَا
نَحْنُ أَحْبَابُ الْهَادِى نَحْنُ لله أَجْنَادِى
لَنَا فِي كُلِّ وَادِى مَاضِى زِلْزِلْ أَعْدَانَا
يَاإِخْوَةَ الإِيْمَانِ يَاأُمَّةً الْعَدْنَانِى
نَادُوْا بِوَجْهِ الطُّغْيَانِ نَحْنُ الإِسْلاَمْ رَبَّنَا
يَاسَارِى بِالطُّغْيَانِ حَقًّا عَلَى نَفْسِكْ جَانِى
قُوْمِى إِبْغِى الْعَدْنَانِى فِيْهِ الرَّحْمَنْ هَدَانَا
لِلذِّكْرِ دَوْمًا وَاصِلْ عَنْ رَبِّكْ لاَ تَكُنْ غَافِلْ
بِالْحُسْنِ لِلنَّاسِ عَامِلْ وَاحْذَرْ وَكُنْ يَقْظَانَا
عَنْ رَبِّكْ لاَ تَكُنْ سَاهِى وَاهْجُرْ كُلَّ الْمَلاَهِى
غَدًا فِي يَوْمِ الله يَرْضَى عَلَيْكَ مَوْلاَنَا
صَلِّ دَوْمًا عَلَى طَهَ يَوْمَ الْحَشْرِ تَلْقَاهَا
هِىَ لِلرُّوْحِ غِذَاهَا وَهِىَ الشِّفَالِمَرْضَنَا
"Ya Allah, kami adalah orang muslim-kami bersaudara dalam lindungan Allah.
"Kami berjalan di jalan al-hadi, nabi kami-kami bernaung di bawah al-Qur’an.
"Kami akan menjaga agama Islam-dengan ruh dan harta kami sebagai tumbal.
"Kami memusuhi orang yang memusuhi Islam-walaupun dia adalah ayah kami sendiri.
"Kami adalah pecinta-pecinta al-hadi-kami adalah tentara-tentara Allah swt.
"Kami berada di setiap lembah-selalu mengguncang musuh-musuh kami.
"Wahai saudara-saudara seiman-wahai umat nabi Muhammad saw.
"Lantangkan suara kalian dan ucapkan-ya Allah ,kami adalah orang muslim.
"Wahai orang-orang yang melampaui batas-sungguh kalian telah berbuat dosa.
"Bangunlah , ikutilah Nabi Muhammad-dengannya Allah Yang Maha Pengasih akan memberi petunjuk kepada kita.
"Selalulah berdzikir-mengingat Tuhanmu dan janganlah menjadi orang yang lalai.
"Berbuat baiklah kepada manusia-berhati-hatilah dan jadilah orang yang waspada.
"Janganlah pernah lalai terhadap Tuhanmu-dan tinggalkan segala hal-hal yang melalaikan diri.
"Besok pada hari kiamat-Allah akan ridho kepadamu.
"Bersholawatlah selalu kepada Toha (Nabi Muhammad saw)-pada hari kebangkitan kami akan menemuinya.
"Dia adalah makanan pokok ruh kita-Dia juga obat bagi penyakit kita.





-.بِسْمِ الله الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
-.حَمْدًا يُوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ يَارَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِى لِجَلاَلِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ, سُبْحَانَكَ لاَ نُحْصِى ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ. وَصَلَّى الله عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ وَالْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمِيْنَ
"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Segala puji hanya bagi Allah swt atas limpahan nikmat-nikmat dan segala tambahannya. Ya Allah,segala puji hanya bagi-Mu sebanding dengan kemulyaan dan keagungan-Mu. Maha Suci Engkau, tiada mampu kami memuji-Mu, Engkaulah Dzat Yang sebagaimana Engkau memuji dirimu sendiri, semoga Allah selalu mencurahkan salam sejahtera kepada Nabi Muhammad saw, kepada keluarganya dan para sahabatnya. Segala puji hanya bagi Allah Tuhan semesta alam.
-.رَبَّنَا اغْفِرْلَنَا ذُنُوْبَنَا وَكَفِّرْ عَنَّا سَيِّئَاتِنَا وَتَوَفَّنَا مَعَ الأَبْرَارِ
"Wahai Tuhan kami,ampunilah dosa-dosa kami, hapuskanlah kejelekan kami dan matikanlah kami bersama dengan orang-orang yang berbuat baik."
-.رَبَّنَا اغْفِرْلَنَا وَلِوَالِدِيْنَا وَلِمَشَايِخِنَا وَلِمُعَلِّمِنَا وَلِمَنْ أَحْسَنَ إِلَيْنَا وَلأَصْحَابِ الْحُقُوْقِ الْوَاجِبَةِ عَلَيْنَا وَلِجَمِيْعِ الْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ
"Wahai Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami, ibu bapak kami, guru-guru kami, segenap orang-orang yang berbuat baik kepada kami, dan orang-orang yang mempunyai hak atas kami,serta segenap orang-orang yang beriman baik laki-laki ataupun perempuan, yang masih hidup ataupun yang sudah meninggal."
-.رَبَّنَا اغْفِرْلَنَا وَلإِخْوَانِنَا الَّذِيْنَ سَبَقُوْنَا بِالإِيْمَانِ وَلاَ تَجْعَلْ فِي قُلُوْبِنَا غِلاًّ لِلَّذِيْنَ آمَنُوْا رَبَّنَا إِنَّكَ رَؤُوْفٌ رَحِيْمٌ
"Wahai Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan saudara-saudara seiman yang mendahului kami. Janganlah Engkau jadikan hati kami mempunyai rasa jengkel kepada orang-orang yang beriman. Sungguh Engkau Dzat Yang Maha Pengampun dan Penyayang."
-.رَبِّ اجْعَلْنِى مُقِيْمَ الصَّلاَةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِى, رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ, رَبَّنَا اغْفِرْلِى وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ يَوْمَ يَقُوْمُ الْحِسَابِ
"Wahai Tuhanku, jadikanlah aku orang-orang yang mendirikan sholat, dan juga anak cucu kami. Ya Allah kabulkanlah doa kami. Ya Allah ampunilah aku dan kedua orang tua kami serta segenap orang-orang mukmin pada Hari Kiamat kelak."
-.رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ إِمَامًا
"Wahai Tuhan kami, jadikanlah isteri-isteri dan anak-anak kami sebagai penghibur hati kami, dan jadikanlah kami sebagai pemimpin orang-orang yang bertakwa."
-.رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَّمْتَنَا وَعَلِّمْنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَاوَزِدْنَاعِلْمًاوَالْحَمْدُ لله عَلَى كُلِّ حَالٍ
"Wahai Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarilah kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami, serta tambahkanlah ilmu kepada kami.Segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan."
-.اللَّهُمَّ حَبِّبْ إِلَيْنَا الإِيْمَانَ وَزَيِّنْهُ فِي قُلُوْبِنَا وَكَرِّهْ إِلَيْنَا الْكُفْرَ وَالْفُسُوْقَ وَالْعِصْيَانَ وَاجْعَلْنَا مِنَ الرَّاشِدِيْنَ
"Ya Allah, cintakanlah kami kepada keimanan , dan hiasilah dalam hati kami dengan keimanan. Bencikanlah kami terhadap kekufuran, kemunafikan dan kemaksiatan. Jadikanlah kami orang-orang yang mendapat petunjuk."
-.اللَّهُمَّ زِدْنَا وَلاَتَنْقُصْنَا وَأَكْرِمْنَا وَلاَ تُهِنَّا وَأَعْطِنَا وَلاَ تَحْرِمْنَا وَآثِرْنَا وَلاَ تُؤْثِرْ عَلَيْنَا وَأَرْضِنَا وَارْضَ عَنَّا
"Ya Allah, tambahkanlah nikmat kepada kami, janganlah Engkau kurangi . Mulyakanlah kami dan jangan Engkau hinakan kami, berilah kami dan jangan Engkau haramkan kami, dahulukan pemberianMu kepada kami, dan ridhoilah kami."
-.اللَّهُمَّ اجْعَلْنَا هَادِيْنَ مُهْتَدِيْنَ غَيْرَ ضَآلِّيْنَ وَلاَ مُضِلِّيْنَ سِلْمًا لأَوْلِيَائِكَ حَرْبًا لأَعْدَائِكَ
"Ya Allah, jadikanlah kami orang-orang yang mendapatkan petunjuk kemudian memberi petunjuk. Janganlah jadikan kami orang-orang yang sesat dan menyesatkan, jadikanlah kami penolong wali-waliMu dan musuh bagi musuh-musuhMu."
-.اللَّهُمَّ انْصُرْنَا عَلَى مَنْ عَادَانَا وَلاَ تَجْعَلْ مُصِيْبَتَنَا فِي دِيْنِنَا وَلاَ تَجْعَلِ الدُّنْيَا أَكْبَرَ هَمِّنَا وَلاَ مَبْلَغَ عِلْمِنَا وَلاَ تُسَلِّطْ عَلَيْنَا مَنْ لاَ يَرْحَمُنَا
"Ya Allah, tolonglah kami dalam menghadapi musuh-musuh kami, janganlah musibah kami pada agama kami, dan jangan jadikan dunia puncak keinginan dan harga ilmu kami dan jangan kami dikuasai oleh orang-orang yang tidak menyayangi kami."
-.اللَّهُمَّ لاَ تَدَعْ لَنَا ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً إِلاَّ قَضَيْتَهَا يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ
"Ya Allah, janganlah Engkau biarkan dosa-dosa kami kecuali Engkau ampuni, dan jangan biarkan kesedihan kami kecuali Engkau carikan jalan keluarnya, dan jangan biarkan hajat kami kecuali Engkau tunaikannya, wahai Tuhan semesta alam."
_.اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لاَ يَنْفَعْ وَقَلْبٍ لاَ يَخْشَعْ وَعَمَلٍ لاَ يُرْفَعْ وَدَعْوَةٍ لاَ يُسْتَجَابُ لَهَا
"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari ilmu yang tidak membawa manfaat, dan hati yang tidak khusyu’ , amal yang tidak terangkat serta doa yang tidak dikabulkan."
-.اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنْ جَهْدِ الْبَلاَءِ وَدَرْكِ الشَّقَاءِ وَسُوْءِ الْقَضَاءِ وَشَمَاتَةِ الأَعْدَاءِ
"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari musibah yang sangat buruk, kebinasaan, qodlo yang jelek, dan kehinaan dari musuh-musuh."
-.اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْمَأْثَمِ وَالْمَغْرَمِ
"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari perbuatan dosa dan kerugian."
-.اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنْ مُنْكَرَاتِ الأَخْلاَقِ وَالأَهْوَاءِ وَالأَدْوَاءِ
"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari akhlak yang tercela, hawa nafsu dan segala macam penyakit."
-.اللَّهُمَّ احْفَظْنَا مِنَ الْفِتَنِ مَاظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ
"Ya Allah, jagalah kami dari segala fitnah baik yang tampak ataupun yang tidak tampak."
-.اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالتُّقَى وَالْعَفَافَ وَالْغِنَى
"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMu petunjuk, ketakwaan,dan kecukupan."
-.اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ الْجَنَّةَ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنَ النَّارِ
"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMu surga dan aku berlindung kepadaMu dari siksa api neraka."
-.اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالأَخِرَةِ
"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMu kesehatan baik di dunia dan akhirat kelak."
-.اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ حُسْنَ الْخُاتِمَةِ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ سُوْءِ الْخاَتِمَةِ
"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMu husnul khatimah dan aku berlindung kepadaMu dari su’ul khatimah."
-.اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ الثَّبَاتَ فِي الأَمْرِ وَالْعَزِيْمَةَ عَلَى الرُّشْدِ وَأَسْأَلُكَ شُكْرَ نِعْمَتِكَ وَحُسْنَ عِبَادَتِكَ, وَأَسْأَلُكَ قَلْبًا سَلِيْمًا وَلِسَانًا صَادِقًا, وَأَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِ مَاتَعْلَمُ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَاتَعْلَمُ إِنَّكَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ
"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMu keteguhan hati dalam segala urusan, keteguhan dalam petunjuk. Aku memohon untuk bisa bersyukur atas nikmat-nikmatMu dan beribadah kepadaMu. Aku memohon kepadaMu hati yang bersih dan lidah yang jujur. Aku memohon kepadaMu segala kebaikan yang Engkau ketahui dan aku berlindung dari segala kejelekan yang Engkau ketahui. Sesungguhnya Engkau Dzat Yang Maha Mengetahui hal-hal yang ghaib."
-.اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِمَا سَأَلَكَ مِنْهُ نَبِيُّكَ مُحَمَّدٌ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ, وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّمَااسْتَعَاذَكَ مِنْهُ نَبِيُّكَ مُحَمَّدٌ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَنْتَ الْمُسْتَعَانُ وَعَلَْيْكَ الْبَلاَغُ وَلاَحَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِالله
"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMu dari kebaikan apa yang diminta oleh Nabi Muhammad saw, dan aku berlindung dari segala keburukan yang Nabi Muhammad saw berlindung kepadaMu darinya.Dan Engkaulah Dzat Yang Maha Menolong, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah swt."
_.اللَّهُمَّ سَلِّمْنَا وَالْمُسْلِمِيْنَ وَعَافِنَا وَالْمُسْلِمِيْنَ وَاكْفِنَا وَإِيَّاهُمْ شَرَّ مَصَائِبَ الدُّنْيَا وَالدِّيْنِ
"Ya Allah, selamatkanlah kami dan orang-orang muslim, berilah kami dan orang-orang muslim kesehatan serta jagalah kami dan orang-orang muslim dari jeleknya musibah dunia dan agama."
-.اللَّهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ
"Ya Allah, perlihatkanlah kebenaran itu benar dan berilah kekuatan untuk mengikutinya.Dan perlihatkanlah kebatilan itu adalah bathil dan berilah kami kekuatan untuk menjauhinya."
-.اللَّهُمَّ تَوَفَّنَا مُسْلِمِيْنَ وَأَلْحِقْنَا بِالصَّالِحِيْنَ
"Ya Allah,wafatkanlah kami dalam keadaan muslim dan pertemukanlah kami kepada orang-orang sholeh."
-.اللَّهُمَّ اصْرِفْ عَنَّا السُّوْءَ بِمَا شِئْتَ وَكَيْفَ شِئْتَ إِنَّكَ عَلَى مَاتَشَاءُ قَدِيْرٌ
"Ya Allah, hilangkanlah segala kejelekan dari kami dengan cara yang Engkau kehendaki, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas apa-apa yang Engkau kehendaki."
-.اللَّهُمَّ أَلِّفْ بَيْنَ قُلُوْبِنَا وَأَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنِنَا وَاهْدِنَا سُبُلَ السَّلاَمِ وَنَجِّنَا مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّوْرِ وَجَنِّبْنَا الْفَوَاحِشَ مَاظَهَرَ مِنْهَا وَمَابَطَنَ
"Ya Allah,satukanlah hati kami dan perbaikilah hubungan kami, tunjukkanlah kami jalan-jalan keselamatan dan selamatkanlah kami dari jalan kegelapan kepada jalan yang terang dan jauhkanlah kami dari keburukan apa-apa yang nampak ataupun yang tidak tampak."
-.اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي أَسْمَاعِنَا وَأَبْصَارِنَا وَقُلُوْبِنَا وَأَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا وَتُبْ عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ
"Ya Allah, berkahilah kami dalam pendengaran kami, penglihatan kami,hati kami,isteri-isteri kami,dan anak keturunan kami, dan terimalah taubat kami,sesungguhnya Engkau Maha Penerima taubat dan Maha Penyayang."
-.وَاجْعَلْنَا شَاكِرِيْنَ لِنِعْمَتِكَ مُثْنِيْنَ بِهَا عَلَيْكَ قَابِلِيْهَا وَأَتِمَّهَا عَلَيْنَا. اللَّهُمَّ كَمَا أَنْعَمْتَ فَزِدْ (3×) وَلاَ عَيْشَ إِلاَّ عَيْشُ الأَخِرَةِ
"Dan jadikanlah kami hambaMu yang pandai bersyukur atas nikmat-nikmatMu , memuji atas nikmat-nikmatMu itu.Ya Allah sempurnakanlah nikmat-nikmat itu untuk kami, ya Allah sebagaimana telah Engkau berikan kepada kami nikmat itu, maka tambahkanlah (3x).Tiada kehidupan kecuali kehidupan akhirat."
-.اللَّهُمَّ ارْزُقْ لإِخْوَانِنَا الْغَائِبِيْنَ عَنَّا الْكَفَافَ وَالْعَفَافَ وَالْغِنَى وَالإِرْتِيَاحَ وَالرِّضَا, اللَّهُمَّ جَمِّلْهُمْ بِالْعَافِيَةِ وَالسَّلاَمَةِ وَحَقِّقْهُمْ بِالتَّقْوَى وَالإِسْتِقَامَةِ وَأَعِذْهُمْ مِنْ مُوْجِبَاتِ النَّدَامَةِ, اللَّهُمَّ يَسِّرْلَهُمْ أُمُوْرَهُمْ فِي الدَّعْوَةِ بِحِفْظِكَ وَأَمَانِكَ وَعِيَاذِكَ وَجِوَارِكَ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ مَرِيْدٍ وَجَبَّارٍ عَنِيْدٍ وَذِى عَيْنٍ وَذِى بَغْيٍ وَذِى سِحْرٍ وَمِنْ شَرِّ كُلِّ ذِى شَرٍّ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ
Ya Allah, berilah saudara-saudara kami yang tidak bersama kami kecukupan, kekayaan, kelapangan dan ridhoMu, hiasilah mereka dengan kesehatan dan keselamatan, anugerahilah mereka ketakwaan dan istiqomah, selamatkanlah mereka dari hal-hal yang menimbulkan penyesalan. Ya Allah mudahkanlah urusan mereka dalam dakwah dengan penjagaanMu, keamananMu dan perlindunganMu dari segenap syetan yang terkutuk, dari pemimpin-pemimpin yang dhalim , dari ‘ain dari orang-orang yang melampaui batas , dari para penyihir dan dari segala kejahatan orang-orang yang berniat jahat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu."
-.اللَّهُمَّ أَصْلِحْ لِى دِيْنِى الَّذِيْ هُوَ عِصْمَةُ أَمْرِى وَأَصْلِحْ لِى دُنْيَايَ الَّتِى فِيْهَا مَعَاشِي وَأَصْلِحْ لِى آخِرَتِى الَّتِي فِيْهَا مَعَادِى وَاجْعَلِ الْحَيَاةَ زِيَارَةً لِى فِي كُلِّ خَيْرٍ وَاجْعَلِ الْمَوْتَ رَاحَةً مِنْ كُلِّ شَرٍّ, اللَّهُمَّ اجْعَلْ خَيْرَ عُمُرِى آخِرَهُ وَخَيْرَ عَمَلِى خَوَاتِمَهُ وَخَيْرَ أَيَّامِى يَوْمَ أَلْقَاكَ فِيْهِ, اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ عِيْشَةً هَنِيَّةً وَمِيْتَةً سَوِيَّةً وَمَرَدًّا غَيْرَ مَخْزِيٍّ وَلاَ فَاضِحٍ, اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَسْأَلَةِ وَخَيْرَ الدُّعَاءِ وَخَيْرَ النَّجَاحِ وَخَيْرَ الْعِلْمِ وَخَيْرَ الْعَمَلِ وَخَيْرَ الثَّوَابِ وَخَيْرَ الْحَيَاةِ وَخَيْرَ الْمَمَاتِ وَثَبِّتْنِى وَثَقِّلْ مَوَازِيْنِى وَحَقِّقْ إِيْمَانِى وَارْفَعْ دَرَجَتِى وَتَقَبَّلْ صَلاَتِى وَاغْفِرْ خَطِيْئَاتِى وَأَسْأَلُكَ الْعُلاَ مِنَ الْجَنَّةِ
Ya Allah,sempurnakanlah agamaku karena itu adalah modal utamaku, sempurnakanlah urusan duniaku sebagai penghidupanku, sempurnakanlah urusan akhiratku sebagai tempat kembaliku, jadikanlah kehidupanku sebagai tempat menambah kebaikan dan jadikanlah kematianku keselamatan dari segala keburukan. Ya Allah, jadikanlah sebaik-baik umurku adalah akhirannya, sebaik-baik amalku adalah akhirannya, dan sebaik-baik hari-hariku adalah hari-hari ketika aku bertemu denganMu. Ya Allah, aku memohon kepadaMu kehidupan yang tenang, kematian yang terpuji dan tidak terhinakan. Ya Allah, aku mohon segala sesuatu yang terbaik, doa yang terbaik, kesuksesan yang terbaik, ilmu yang terbaik, pekerjaan yang terbaik, pahala yang terbaik, kehidupan yang terbaik, kematian yang terbaik.Teguhkanlah langkahku, beratkan timbanganku,nyatakan keimananku, angkatlah derajatku, terimalah sholatku, ampunilah dosa-dosaku dan aku memohon kepadaMu derajat yang tinggi di surga. "
-.اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ وَالْغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَالْفَوْزَ بِالْجَنَّةِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ
"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon rahmat-Mu, ampunan-Mu, keselamatan dari segala dosa, limpahan dari segala kebaikan, keberuntungan mendapatkan surga dan keselamatan dari api neraka."
-.اللَّهُمَّ أَحْسِنْ عَاقِبَتَنَا فِي الأُمُوْرِ كُلِّهَا وَأَجِرْنَامِنْ خِزْيِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ, اللَّهُمَّ اقْسِمْ لَنَا مِنْ خَشْيَتِكَ مَاتَحُوْلُ بِهِ بَيْنَنَا وَبَيْنَ مَعْصِيَتِكَ وَمِنْ طَاعَتِكَ مَاتُبَلِّغُنَا بِهَا جَنَّتَكَ وَمِنَ الْيَقِيْنِ مَاتَهُوْنُ بِهِ عَلَيْنَا مَصَائِبَ الدُّنْيَا وَمَتِّعْنَا بِأَسْمَاعِنَا وَأَبْصَارِنَا وَقُوَّتِنَا مَاأَحْيَيْتَنَا وَاجْعَلْهُ الْوَارِثَ مِنَّا وَاجْعَلْ ثَأْرَنَا عَلَى مَنْ ظَلَمَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى مَنْ عَادَانَا وَلاَ تَجْعَلْ مُصِيْبَتَنَا فِي دِيْنِنَا وَلاَ تَجْعَلِ الدُّنْيَا أَكْبَرَ هَمِّنَا وَلاَ مَبْلَغَ عِلْمِنَا وَلاَ تُسَلِّطْ عَلَيْنَا مَنْ لاَ يَرْحَمُنَا رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا. رَبَّنَا وَأَتِنَا مَاوَعَدْتَنَا عَلَى رُسُلِكَ وَلاَ تُخْزِنَا يَوْمَ الْقِيَامَةِ إِنَّكَ لاَ تُخْلِفُ الْمِيْعَادَ
"Ya Allah,baguskanlah akhir segala urusanku, jauhkanlah kami dari kehinaan dunia dan siksa akhirat. Jadikanlah kami orang-orang yang takut kepadaMu sehingga kami menahan diri dari berbuat maksiat kepadaMu. Jadikanlah kami orang yang taat kepadaMu sehingga kami menganggap remeh musibah dunia.Hiasilah kami dengan pendengaran, penglihatan dan kekuatan selagi kami masih hidup dan jadikanlah kebaikan bagi kami setelah kami mati. Ya Allah, berilah kekuatan kepada kami untuk melawan orang-orang yang dholim, tolonglah kami dari musuh-musuh kami, janganlah Engkau jadikan musibah-musibah menimpa agama kami, janganlah Engkau jadikan dunia menjadi puncak tujuan kami, dan harga ilmu kami. Janganlah kami dikuasai oleh orang-orang yang tidak menyayangi kami, ya Allah anugerahkanlah kepada kami rahmat, dan berilah petunjuk dalam segala urusan kami. Ya Allah anugerahkanlah kami segala yang Engkau janjikan kepada utusan-utusanMu dan jangan Engkau hinakan kami pada Hari Kiamat. Sesungguhnya Engkau tidak mengingkari janji."
_.رَبَّنَا اصْرِفْ عَنَّا عَذَابَ جَهَنَّمَ إِنَّ عَذَابَهَا كَانَ غَرَامًا
"Wahai Tuhan kami, selamatkanlah kami dari siksa neraka Jahannam.Sesungguhnya siksa neraka jahannam itu sangat pedih."
-.اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَهَبْ لَنَا, اللَّهُمَّ مِنْ رِزْقِكَ الْحَلاَلِ الطَّيِّبِ الْوَاسِعِ الْمُبَارَكِ مَاتَصُوْنُ بِهِ وُجُوْهَنَا عَنِ التَّعَرُّضِ إِلَى أَحَدٍ مِنْ خَلْقِكَ وَاجْعَلِ اللَّهُمَّ لَنَا إِلَيْهِ طَرِيْقًا سَهْلَةً مِنْ غَيْرِ فِتْنَةٍ وَلاَ مِحْنَةٍ وَلاَ تَعَبٍ وَلاَ نَصَبٍ وَلاَ مِنَّةٍ وَلاَ تَبِعَةٍ لأَحَدٍ, وَجَنِّبْنَا اللَّهُمَّ الْحَرَامَ حَيْثُ كَانَ وَأَيْنَ كَانَ وَعِنْدَ مَنْ كَانَ وَحُلْ بَيْنَنَا وَبَيْنَ أَهْلِهِ وَاقْبِضْ عَنَّا أَيْدِيَهُمْ وَاصْرِفْ عَنَّا وُجُوْهَهُمْ وَقُلُوْبَهُمْ حَتَّى لاَ نَتَقَلَّبَ إِلاَّ فِيْمَا يُرْضِيْكَ وَلاَ نَسْتَعِيْنَ بِنِعْمَتِكَ إِلاَّ فِيْمَا تُحِبُّهُ وَتَرْضَاهُ بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ
"Ya Allah, anugerahkan rahmat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad saw dan kepada keluarganya. Ya Allah berikanlah kami rezeki yang halal, baik dan luas, dan diberkati sehingga kami tidak berpaling kepada seorang pun dari makhlukMu. Jadikanlah jalan rezeki kami mudah tanpa ada fitnah, cobaan, kesusahan, dan bersandar kepada seseorang. Ya Allah, jauhkanlah kami dari hal-hal haram bagaimanapun bentuknya, dimanapun adanya dan pada siapapun berada. Jauhkanlah wajah dan hati kami dari orang yang berbuat haram sehingga kami tidak berbuat kecuali dalam hal-hal yang Engkau cintai dan Engkau ridhoi dengan rahmatMu , wahai Dzat Yang Maha Pengasih."
-.رَبِّى زِدْنِى عِلْمًا, وَوَسِّعْ لِى فِي رِزْقِى, وَبَارِكْ لِى فِيْمَا رَزَقْتَنِى, وَاجْعَلْنِى مَحْبُوْبًا فِي قُلُوْبِ عِبَادِكَ, وَعَزِيْزًا فِي عُيُوْنِهِمْ, وَاجْعَلْنِى وَجِيْهًا فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ وَمِنَ الْمُقَرَّبِيْنَ, يَاكَثِيْرًا النَّوَالْ يَاحَسَنَ الْفِعَالْ, يَاقَآئِمًا بِلاَ زَوَالْ, يَامُبْدِأً بِلاَ مِثَالْ, فَلَكَ الْحَمْدُ وَلَكَ الْمِنَّةُ وَلَكَ الشَّرَفُ عَلَى كُلِّ حَالٍ
" Wahai Tuhanku, tambahkan ilmu kepadaku, luaskanlah rezekiku, berkahilah pada apa yang Engkau rezekikan kepadaku, jadikanlah aku seorang yang dicintai di hati hamba-hamba-Mu, mulya dalam pandangan mereka, terdepan di dunia dan di akhirat serta termasuk orang-orang yang dekat dengan-Mu, wahai Dzat Yang sangat banyak pemberiannya, Maha Baik, Maha Pencipta. Segala puji hanya bagi-Mu segala kemuliaan juga selalu menjadi milik-Mu setiap saat dan keadaan."

-. رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
"Wahai Tuhan kami, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan jagalah kami dari siksa api neraka."
-. وَصَلَّى الله عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ. سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.
"Semoga sholawat dan salam tercurah kepada junjungan kami, Nabi Muhammad saw, keluarganya dan para sahabatnya. Maha Suci Allah atas apa-apa yang mereka tuduhkan. Salam sejahtera semoga selalu tercurah kepada para rasul dan segala puji hanya bagi Allah Tuhan semesta alam."


-.اللًّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدْ, سَهِّلْ وَيَسِّرْ مَاتَعَسَّرْ
-.حَنَّةْ وَلَدَتْ مَرْيَمَ , مَرْيَمُ وَلَدَتْ عِيْسَى, أُخْرُجْ أَيُّهَا الْمَوْلُوْد بِقُدْرَةِ الْمَلِكِ الْمَعْبُوْد
-.اللَّهُمَّ أَنْزِلْنِى مُنْزَلاً مُبَارَكَةً وَأَنْتَ خَيْرُ الْمُنْزِلِيْنَ
-.هَذِهِ الدَّارْ دَارُ الله وَفِيْهَا عِبَادُ الله عَمِّرْهَا يَارَبِّ بِجَاهِكْ يَارَسُوْلَ الله.
-.رَبِّ إِنِّى لِمَا أَنْزَلْتَ إِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيْر









Doa Anak Sholeh/Sholehah
-.رَبِّ هَبْ لِى مِنَ الصَّالِحِيْنَ
_.رَبِّ هَبْ لِى مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً,إِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاء
_.رَبِّ اجْعَلْنِى مُقِيْمَ الصَّلاَةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِى رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاء. رَبَّنَااغْفِرْلِى وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ يَوْمَ يَقُوْمُ الْحِسَابِ
-.اللَّهُمَّ ارْزُقْلَهُ الصَّلاَحَ وَالنَّجَابَةَ وَالذَّكَاءَ وِحِفْظَكَ فِي ذَكَائِهِ
-.اللَّهُمَّ حَسِّنْ خَلْقَه وَخُلُقَهُ يَامُصَوِّرْ يَاحَكِيْم
_.اللَّهُمَّ اجْعَلْهَا وَلَدًا صَالِحَةً بَارًّا لِوَالِدَيْهِ
-.رَبِّ إِنِّى أُعِيْذُهُ بِكَ وَذُرِّيَّتَهُ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ















-.رَبِّ اغْفِرْلِى وَلِوَالِدَيَّ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَارَبَّيَانِى صَغِيْرًا
-.رَبِّ أَوْزِعْنِى أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِى أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِى فِي ذُرِّيَّتِى إِنِّى تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّى مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ
































1 komentar:

firqotus.subhah mengatakan...

Alhamdulillah, syukron katsiron 'ala kitabatikum. jazakumulllah khoiron katsiron amien...!